Dinkes Temukan 14 Kasus HIV di Jeneponto

Berdasarkan hasil skrining dilakukan tim lapangan Dinkes Jeneponto.

Dinkes Temukan 14 Kasus HIV di Jeneponto
Ilustrasi. (Foto: Internet)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, merilis ada 14 Kasus HIV ditemukan di Butta Turatea ini. Kepala Bidang P2P Dinkes Jeneponto, Suryaningrat membenarkan temuan kasus tersebut.


Suryaningrat mengaku kasus ini teridentifikasi berkat kerja sama tim lapangan dalam melakukan skrining HIV. Selain itu, ada juga temuan dari Puskesmas. 


"Ini bisa teridentifikasi karena aktifnya petugas di lapangan untuk melakukan skrining HIV. Dan ada juga pasien yang datang karena salah satu keluarganya yang sudah divonis HIV dan memeriksakan diri mereka ke puskesmas atau RS," ujarnya kepada KABAR.NEWS, Senin (23/5/2021).


Jubir Satgas Covid-19 ini juga menerangkan jika langkah yang dilakukan oleh tim kesehatan sendiri tentunya dengan memberikan dukungan pendampingan bagi para pasien penderita.


"Dinkes memberikan pendampingan dan supporting setiap saat kepada penderita melalui petugas di Puskesmas dan menyediakan obat ARV (Antiretroviral) yang fungsinya untuk menekan jumlah virus dalam tubuhnya, namun, tidak bisa menyembuhkan," jelasnya.


Suryaningrat berharap kepada seluruh elemen masyarakat agar tak memandang rendah atau pun menghindari para penderita HIV. Ia menambahkan sudah seharusnya penderita HIV tetap dirangkul secara sosial demi imunitasnya. 


"Para penderita HIV jangan kita kucilkan, justru kita rangkul bersama. Sebab HIV tidak menular jika hanya interaksi sosial di masyarakat. 

Kami juga berharap kepada para penderita HIV tetap semangat karena faktor psikologis juga sangat mempengaruhi imunitas seseorang, karena virus HIV ini dapat menyerang sistem imun manusia. Intinya penderita HIV diberikan semangat untuk tetap melanjutkan hidup," pungkasnya.

Penulis: Akbar Razak/B