Dinkes Sinjai Tetap Vaksinasi di Bulan Ramadan, Ini Sasarannya

Merujuk fatwa MUI

Dinkes Sinjai Tetap Vaksinasi di Bulan Ramadan, Ini Sasarannya
Ilustrasi. Proses vaksinasi tenaga kesehatan di Kota Makassar. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)












KABAR.NEWS, Sinjai - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, tetap menjalankan program Vaksinasi Covid-19 pada bulan puasa Ramadan 1442 Hijriah.


Hal tersebut didasari pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 13 tahun 2021, tentang hukum vaksinasi Covid-19 pada saat berpuasa. Fatwa tersebut menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat muslim yang sedang berpuasa.


"Kami tetap melaksanakan vaksinasi Covid-19 di bulan ramadan ini sesuai dengan target dari Pemerintah Pusat, bahwa jumlah sasaran tahap I dan II untuk Kabupaten Sinjai sebanyak 42.934 jumlah penduduk," ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Sinjai Dokter Gigi Farina Irfani, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (16/4/2021).


Dia mengatakan Dinkes SInjai masih terus melaksanakan sesuai dengan distribusi vaksin yang ada. Bahkan, pada Senin 19 April mendatang akan dilaksanakan untuk semua guru.


"Untuk tahap selanjutnya di bulan ramadan ini pada 19 April nanti, kita akan laksanakan serentak untuk semua guru. Mulai dari guru SMP yang akan dilaksanakan di semua puskesmas di wilayah kecamatan, mengikut dimana domisili sekolah dengan para guru tersebut," ujarnya.


Selanjutnya akan dilaksanakan untuk mubalig yang ada di kecamatan, kemudian imam masjid dan guru SD dan Paud. "Itu juga masuk sasaran kami untuk ditindaklanjuti dan dilakukan vaksinasi secara bertahap," katanya.


Selama vaksinasi Covid-19 dilakukan sejauh ini kata Arin sapaannya, pihaknya belum menerima keluhan berupa gejala berat bagi peserta vaksinasi.


"Jadi masyarakat Sinjai diharap tidak ragu untuk tetap bisa melaksanakan vaksin di bulan ramadan ini," tandasnya.


Penulis: Syarif/C