Dinkes Sebut Penderita Kusta di Jeneponto Berkurang

Terbanyak di Kecamatan Bangkala

Dinkes Sebut Penderita Kusta di Jeneponto Berkurang
Ilustrasi penderita kusta. (Foto: Internet)












KABAR.NEWS, Jeneponto - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, mencatat penderita kusta di Butta Turatea ini mengalami penurunan.


Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Penularan Penyakit (P2P) Dinkes Jeneponto, Suryaningrat bahwa kasus kusta tahun ini mengalami penurunan yang signifikan dari tahun lalu. 


"Berdasarkan ini sudah mulai menurun, karena sampai dengan Mei baru 8 kasus yang kami temukan tahun ini. Sedangkan, total kasus kusta tahun 2020 sebanyak 42 orang," ujarnya kepada KABAR.NEWS saat dikonfirmasi via telepon, Jumat (4/6/2021).


Ia membeberkan jika temuan yang paling tertinggi itu berada pada wilayah Desa Kapita, Kecamatan Bangkala, sebanyak 3 orang.


"Sedangkan tahun lalu yang terbanyak berada pada kecamatan Tamalatea dan Kapita kecamatan bangkala masing-masing sebanyak 7 Kasus," bebernya.


Kendati demikian, pihaknya hingga saat ini sudah memberikan pelayanan pengobatan guna mencegah kusta.


"Dinkes selama ini telah melaksanakan pemberian obat pencegahan kusta secara massal kemoprofilaksis kepada semua kontak erat penderita kusta di Jeneponto," jelasnya.


Selain itu, pihaknya juga melakukan edukasi serta mengajak para relawan dari lembaga untuk pengendalian penyakit ini.


"Kami turut serta memberikan pendampingan melaui konseling sebaya dengan melibatkan para penderita kusta yg sudah sembuh serta bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat yaitu mitra Turatea dalam pengendalian penyakit Kusta di Jeneponto," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/B