Dinkes Makassar Siapkan Masker & Swab Gratis di 47 Puskemas

Dalam Rangka Menyambut HUT Kota Makassar

Dinkes Makassar Siapkan Masker & Swab Gratis di 47 Puskemas
Tes swab massal di Makassar beberapa waktu lalu.(Kabar.News/Irvan Abdullah)

KABAR.NEWS, MAKASSAR - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar kembali akan membuka layanan tes Swab gratis. Namun kali ini, pengadaan tes swab massal akan dilakukan di 47 Puskesmas yang ada di Kota Makassar. 

Hal ini diungkap Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Makassar, Ita Anwar. Ia mengatakan bahwa tes swab ini akan dibuka secara gratis. Masyarakat bisa melakukan tes swab dimulai pukul 09.00 Wita hingga selesai yang dibuka pada Senin (16/11/2020).

Upaya ini, kata Ita, untuk menekan angka penyebaran Virus Corona atau Covid-19, sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar.

"Iya jadi seluruh puskesmas itu 47, besokdi seluruh puskesmas toh mulai dan secara gratis, dalam rangka hari ulang tahun Kota Makassar dan HKN (hari kesehatan nasional) ke-56," ucap Ita minggu saat dihubungi, Minggu (15/11/2020).

Olehnya itu, ia mengajak masyarakat untuk memeriksakan diri ke masing-masing Puskesmas agar bisa mendeteksi penyebaran Covid-19."Jadi kita minta masyarakat ini langsung saja ke puskesmas untuk periksakan diri," ujarnya.

Sementara itu, rencana pembagian masker gratis oleh 47 puskesmas juga akan dilakukan. Ita menyebutkan setidaknya ada sebanyak 30.000 masker yang tersebar dan rencana akan dibagikan juga ke masyarakat. 


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B