Dinkes Makassar Bagi Masker di 10 Pasar Tradisional

Edukasi Protokol Kesehatan

Dinkes Makassar Bagi Masker di 10 Pasar Tradisional
Dinkes Makassar saat melakukan pembagian masker.(ist) 






KABAR.NEWS, MAKASSAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar kembali melakukan sosialisai protokol kesehatan sekaligus membagikan ribuan masker kepada masyarakat. 

Ada 10 pasar tradisional yang disasar Dinkes Makassar untuk mengedukasi masyarakat. Sebab pasar dianggap masih potensi sebagai kerentanan penyebaran virus Corona atau Covid-19, setelah sebelumnya menyasar lima fasilitas publik. Pembagian masker dalam rangkaian acara Hari Kesehatan Nasional (HKN). 

"Apa yang kita lakukan hari ini sebagai upaya menyadarkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Apalagi di pasar, orang banyak datang sehingga penyebaran bisa saja terjadi," ucap Plt Kepala Diskes Makassar, Agus Djaja Said, di Rumah Jabatan Walikota, Jumat (13/11/2020).

Sementara, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Makassar, Ita Anwar menyebutkan, sebanyak 3.500 lembar masker dibagikan untuk mengedukasi yang diketahui banyak pengunjung pasar yang tidak mengenakan masker. Padahal, kata dia, di tengah kondisi saat ini, penggunaan masker harusnya sudah menjadi kebiasaan.

"Ada 3.500 masker yang kita bagi di sepuluh pasar tradisional, hampir semua punya masker tapi tidak di pakai dengan benar, hanya digantung dan dijadikan bando," jelas Ita, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut Ita menuturkan, edukasi secara persuasif masih signifikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Penulis: Fitria Nugrah Madani/B