Dinkes Jeneponto menemukan lima Bumil terinfeksi HIV

Bumil terinfeksi HIV berasal dari empat kecamatan.

Dinkes Jeneponto menemukan lima Bumil terinfeksi HIV
Ilustrasi. (Foto: Internet)












KABAR.NEWS, Jeneponto -  Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, mencatat kasus HIV sebanyak 14 orang, lima orang diantaranya terpapar virus tersebut. Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penularan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Jeneponto, Suryanigrat mengatakan, 5 orang yang positif HIV itu adalah ibu hamil.
"Sebanyak 5 orang ibu hamil (bumil) telah ditemukan oleh Dinkes Jeneponto terpapar kasus positif HIV di tahun 2021, dan ini sudah termasuk dari 14 orang sebelumnya yang telah kami rilis," berbeda ditahun 2020 itu sebanyak 8 orang," ujarnya kepada wartawan, Rabu (26/5/2021).
Kata dia, temuan kasus ibu hamil  tersebut tersebar di empat lokasi kecamatan yang berbeda.
"Di wilayah Tolo terpapar 1 orang bumil, Bululoe 1 orang, Bontoramba 2 orang serta Bangkala 1 (ditemukan di RS)," jelasnya.
Ia mengaku jika bumil tersebut bisa terpapar HIV diakibatkan oleh orang- orang dekat mereka atau pun memakai jarum suntik terpakai secara berulang-ulang. 
"Untuk bumil biasanya rentan ditularkan dari suaminya yang berulah nakal di luar. Selain itu, pemakai narkoba berupa putau menggunakan jarum suntik, di situ biasanya orang tertular HIV," ucapnya. 
Penulis: Akbar Razak/C