Dinkes Bantaeng Turun ke Sekolah Sosialisasi Pencegahan Hepatitis Akut

*Kerahkan Tim Promkes

Dinkes Bantaeng Turun ke Sekolah Sosialisasi Pencegahan Hepatitis Akut
Sosialisasi pencegahan Hepatitis Akut di sekolah-sekolah yang digelar Dinkes Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Bantaeng - Tim promosi kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, mulai Selasa (10/5/2022) hari ini, turun ke sekolah-sekolah untuk menyosialisasikan pencegahan penyakit Hepatitis Akut.


"Mulai sekarang sudah kita sosialisasikan, tim promkes akan turun ke sekolah-sekolah," kata Kepala Dinkes Bantaeng dr. Ihsan kepada KABAR.NEWS melalui sambungan telepon, Selasa.


Selama sosialisasi, siswa maupun guru akan diberikan pemahaman terkait gejala-gejala dari penyakit hepatitis akut yang penyebabnya masih "misterius.


Dia menjelaskan, gejala awal dari Hepatitis Akut tersebut ialah penderita akan mengalami mual, muntah, diare berat hingga demam ringan.


"Gejala lanjutan, air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat, warna mata dan kulit menguning, Gangguan pembekuan darah, Kejang dan kesadaran menurun," ungkapnya.


Ihsan menuturkan, selain sosialisasi, puskesmas hingga rumah sakit diminta lebih meningkatkan sistem pengawasan. Dinkes Bantaeng belum mendapatkan laporan perihal adanya warga yang terjangkit Hepatitis Akut.


"Alhamdulillah sampai sekarang kasus hepatitis belum ada yang terlaporkan," kata Ihsan.


Meski demikian, Kepala Dinkes Bantaeng mengimbau kepada seluruh warga Butta Toa agar bisa menerapkan pola hidup sehat demi terhindar dari penyakit ini.


"Namun tetap kami mengimbau masyarakat untuk tetap (Perilaku hidup bersih dan sehat). Dan tetap menjaga protokol kesehatan," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/B