Dinas PUPR Parepare Genjot Perbaikan Jalan Rusak

* Perbaikan sudah mencapai 60 persen

Dinas PUPR Parepare Genjot Perbaikan Jalan Rusak
Perbaikan jalan rusak oleh Dinas PUPR Parepare. (IST)

KABAR.NEWS, Parepare - Infrastruktur jalan di Kota Parepare secara bertahap makin baik. Apalagi, infrastruktur jalan merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan perekonomian suatu daerah. 


Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus menggenjot rehabilitasi jalan yang rusak. 


Hingga saat ini, sudah ada empat dari enam ruas jalan yang telah selesai dikerjakan. Anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023, dengan estimasi  Rp20 miliar lebih.


"Sebagaimana kita ketahui, ada enam ruas jalan yang kita rehabilitasi dengan menggunakan DAK. Terdiri dari Jalan Jendral Sudirman, Nurussamawati, Andi Makkasau, Pemuda, Tonrangeng River Side, dan Kompleks Pasar Lakessi," kata Kabid  Bina Marga Dinas PUPR Kota Parepare, Widian Wijaya, Jumat (28/7/2023).


Ia mengakui, untuk progres pengerjaannya, sudah mencapai 60 persen atau sudah ada empat ruas jalan yang telah diselesaikan. Di antaranya, Jalan Jenderal Sudirman, sepanjang 2.701 Kilometer (Km), Jalan Nurussamawati, 567 Km, Jalan Andi Makkasau 830 Km, dan Jalan Pemuda 907 Km. 


"Jadi total keseluruhan yang sudah terlaksana sampai Kamis, sudah mencapai 5.005  Kilometer panjangnya dari empat ruas jalan itu," ujarnya. 


Dia menjelaskan, pengerjaan jalan ini dilakukan guna menindaklanjuti arahan dari pemerintah pusat untuk memperbaiki semua jalan yang menjadi jalur perdagangan, termasuk yang sering dilintasi masyarakat umum. Apalagi, kata dia, infrastruktur jalan menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan perekonomian suatu daerah

"Karena itu, Presiden RI melalui instruksinya untuk memperbaiki semua jalan yang menjadi alur-alur  transportasi layanan kesehatan dan perdagangan. Termasuk untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melintasi jalan yang berada di Parepare," ucapnya.  


"Perbaikan jalan ini juga terkait laporan dari warga pengguna jalan, DPRD dan organisasi masyarakat yang kami tampung. Sehingga kami prioritaskan di tahun ini," sambungnya. 


Menurutnya, rehab jalan ini juga merupakan prioritas Wali Kota Parepare Taufan Pawe, untuk menindaklanjuti saran dan masukan dari masyarakat terkait perbaikan jalan.


"Saran dan masukan ini akan terus kita tidak lanjuti. Ini sesuai dengan instruksi dari Bapak Wali Kota Parepare (Taufan Pawe). Karena itu, kita akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat," ujarnya. 


Dia menambahkan, selain rehab jalan menggunakan DAK, dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan melakukan rehab jalan menggunakan  Dana Alokasi Umum (DAU) yang bersumber dari APBD murni Parepare. 


"Untuk DAU itu, adalah Jalan Andi Sapada, dengan total anggaran sebesar Rp361 juta," tandasnya.


Penulis: Arsyad/C