Skip to main content

Dinas PU Pangkep Hadirkan Inovasi Pompa Pengendali Banjir

Pompa banjir Pangkep
Kepala seksi pembangunan dan pemeliharaan, Barkil Khatib Pamerkan Pompa mobile pengendali banjir di Pameran Inovasi, Kamis (12/9/2019) / (KABAR.NEWS - Saharuddin)

KABAR.NEWS, PANGKEP - Hadapi banjir di musim penghujan, Bidang Sungai dan Pantai Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) hadirkan inovasi 'Pompa Mobile Pengendali Banjir'.

 

Pangkep diketahui hampir setiap tahun jika musim penghujan menjadi daerah yang langganan banjir. Kondisi itulah yang membuat pemerintah mengadakan dua unit pompa penghisap air, untuk kemudian difungsikan mobile menangani banjir di setiap titik di wilayah Pangkep.

 

Plt Kabid Sungai dan Pantai Dinas PU Pangkep, Muhammad Ikra, melalui kepala seksi pembangunan dan pemeliharaan, Barkil Khatib menjelaskan, jika inovasi pompa mobile pengendali banjir ini diperuntukkan untuk penanganan banjir. 

 

"Ini sudah kita operasikan pada musim penghujan disaat banjir lalu di Pangkep ini. Dan itu bekerja baik menguras luapan air dijalan hingga surut," ujar Plt Kabid Sungai dan Pantai Dinas PU Pangkep Muhammad Ikra, melalui Kepala Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan, Barkil Khatib saat ditemui di Kantor Bupati Pangkep, Kamis ( 12/9/2019).

 

Baca juga : DPRD Pangkep Anggarkan Rp10,7 Miliar Untuk Perbaikan Lampu Jalan

 

Dua unit pengadaan mesin pompa ini disebutkan bersumber dari alokasi anggaran APBD 2018. Pengadaan dan kehadiran mesin inovasi pompa mobile ini, mengingat Kabupaten Pangkep pada umumnya dan kota Pangkajene pada khususnya memiliki iklim tropis basah yang dipengaruhi oleh sifat iklim laut. 

 

Sehingga curah hujan di kota Pangkajene cukup tinggi berkisar antara 1.000 mm sampai dengan 2.759 mm selama 60 hingga 132 hari pertahun. Dan Kota Pangkajene memiliki topografi dalam kategori daerah yang datar dan dapat digambarkan sebagai daerah yang sangat rawan terhadap banjir.

 

"Inovasi pompa mobile ini dapat sewaktu-waktu dioperasikan hingga ketika masyarakat membutuhkan pada saat terkena dampak banjir atau terdampak genangan air besar. Kita ada layanan cantre dapat diakses melalui panggilan dengan nomor cantre 081524270939," terangnya.

 

Pompa pengendali banjir disebutkan berkapasitas 23 PK, memiliki selang hisap sepanjang 6 meter, dan selang pembuangan sepanjang 100 meter.

 

"Pompa akan menghisap air genangan dan membuang langsung ke sungai atau saluran pembuangan terdekat untuk mengurangi genangan dan mengalirkan air buangan," pungkasnya.

 

 

Saharuddin

 

 

 

loading...