Skip to main content

Dinas PM-PTSP Makassar Bakal Terapkan Digital Signature, Ini Fungsinya

Pemkot Makassar
Kepala Dinas PM-PTSP Makassar, Andi Bukti Djufri.


KABAR.NEWS, Makassar - Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Makassar rencananya akan menerapkan sistem tandatangan berbasis digital (Digital Signature) pada akhir bulan ini, Kamis (18/10/2018).


Itu diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas PM-PTSP Makassar, Andi Bukti Djufri, katanya dengan sistem Digital Signature untuk pengurusan perizinan akan diterapkan.


Baca Juga:


“Semua pejabat struktural telah memiliki sertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kekominfo), tinggal kita launching Aplikasinya dalam waktu dekat, mungkin akhir Oktober,” ucap Andi Bukti, Rabu (17/10/2018).


Penerapan sistem digital signature di DPMPTSP diketahui merupakan yang pertama di SKPD lingkup Pemkot Makassar. Ini dinilai sangat bermanfaat bagi semua orang, selain menghemat waktu juga tidak menghambat aktivitas serta dapat dilakukan dimana saja.


“Jadi nanti kita tidak perlu lagi kekantor Perijinan untuk melakukan proses tanda tangan berkas, semuanya sudah lengkap di Aplikasi. Mulai pengisian formulir pendaftaran hingga verifikasi data, bahkan untuk penerbitan surat izin sudah bisa dilakukan oleh pemohon melalui aplikasi,” terang Andi Bukti.


Untuk menunjang kelancaran penerapan sistem ini, PMPTSP menyiapkan alat secara manual bagi masyarakat yang masih Gaptek (Gagal Tekhnologi) sebab, tidak semua masyarakat bisa menerapkan sistem ini, contohnya masyarakat awam.


Selain itu, PM-PTSP kota Makassar menyiapkan komputer beserta cara penggunaan khusus bagi masyarakat yang masih belum paham terkait penggunaan Aplikasi perijinan dan Sistem Digital signature. 

  • Andi Frandi


loading...