Dinas PKP Parepare syaratkan Hewan Kurban Punya Surat Sehat 

- Hewan kurban ditandai dengan cat merah

Dinas PKP Parepare syaratkan Hewan Kurban Punya Surat Sehat 
Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) Kota Parepare, Wildana, mengecek kondisi kesehatan kurban di peternakan milik masyarakat. (IST/HMS)






KABAR.NEWS, Parepare - Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (PKP) Kota Parepare, Sulawesi Selatan, melaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kelayakan hewan ternak yang akan dikurbankan di hari raya Iduladha 2022.


Kepala Dinas PKP Parepare, Wildana menyampaikan, pemeriksaan kesehatan hewan dilakukan menjelang Iduladha, sekaligus memastikan hewan ternak yang akan dikurbankan aman dari wabah dan sesuai syariat.


"Pastikan hewan ternak yang akan dikurbankan memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), dan untuk Sapi berusia minimal 2 tahun dan Kambing minimal usia 1 tahun agar sesuai syariat Islam," kata Wildana dalam keterangan tertulis, Rabu (29/6/2022).


Menurut Wildana, hewan ternak yang dinilai layak untuk dikurbankan telah ditandai dengan pylox, agar memudahkan masyarakat saat akan membeli hewan kurban.


Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas PKP Parepare, drh Nurdin mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan dan memperketat lalu lintas ternak di perbatasan untuk mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan.


"Mulai tanggal 4 Juli mendatang, kita akan melaksanakan pengawasan lalu lintas ternak di perbatasan dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara langsung di peternakan yang ada di Parepare," jelas dia.


Ditanya stok dan kebutuhan daging sapi di Parepare, drh Nurdin menyebut jika saat ini telah over supply dan bisa memenuhi kebutuhan hingga Iduladha pada 10 Juli.


"Saat ini kondisi stok sapi yang kita miliki mencapai 1.100 ekor, sedangkan kebutuhan Parepare saat Iduladha hanya sekitar 600-700 ekor. Jadi kita over supply," katanya.


Penulis: Arsyad/C