Skip to main content

Diklaim Tekan Perjokian, SBMPTN 2019 Disebut Paling Terbaik

Diklaim Tekan Perjokian, SBMPTN 2019 Disebut Paling Terbaik
Menristekdikti Mohamad Nasir. (IST)

KABAR.NEWS, Jakarta - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, mengatakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 adalah yang terbaik sejak lima tahun terakhir.

 

"Pengalaman saya selama lima tahun menjadi Menristekdikti, ini merupakan penyelenggaraan SBMPTN terbaik," ujar Nasir, di Jakarta seperti dilansir dari laman resmi Menristekdikti, Rabu (10/7/2019).


Baca juga: Harvard Tutup Penerimaan Mahasiswa yang Disponsori Pangeran Arab Saudi

Nasir menjelaskan, alasan dirinya menilai SBMPTN 2019 adalah terbaik karena seleksi disertai dengan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dapat menekan upaya perjokian dan potensi kecurangan.


Dia mengungkapkan, SBMPTN bertujuan untuk mencari potensi mahasiswa terbaik, bukan hanya nilai tapi potensi skolastik dan potensi akademik. 


"Sehingga anak ini bisa melanjutkan pendidikan sesuai dengan minat dan kemampuan mereka," jelas Nasir.


Dia mengatakan, pemerintah melalui Kemenristekdikti terus melakukan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan SBMPTN tinggi dengan harapan terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk Indonesia Maju.


Baca juga: Sutopo Meninggal, Ini Pesannya Untuk Mahasiswa "Pejuang" Skripsi

Berdasar data Kemenristekdikti, total ada 168.742 peserta yang diterima masuk di 85 PTN se-Indonesia melalu jalur SBMPTN 2019 dari 714.652 peserta yang telah mengikuti UTBK. 48.965 orang di antaranya adalah peserta beasiswa Bidikmisi.