Diklaim Efektif, Makassar Segera Massalkan Penggunaan GeNose

Berdasarkan hasil ujicoba dengan tes PCR

Diklaim Efektif, Makassar Segera Massalkan Penggunaan GeNose
Penggunaan alat tes GeNose untuk mendeteksi Covid-19. (Foto: UGM)






KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Kota Makassar, Sualwesi Selatan, akan menerapkan secara massal penggunaan GeNose sebagai alat deteksi dini Covid-19. Rencana penerapan ini setelah dilakukan uji coba akurasi tes GeNose dengan tes PCR.


Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengklaim GeNose lebih efektif untuk mendeteksi kasus Covid-19 di seluruh wilayah Kota Makassar. Dia menyebutkan, sebanyak 100 sample telah diuji coba dan dibandingkan penggunaan antara GeNose dan swab PCR. (Baca juga: Simulasi Makassar Recover, 500 orang Uji Coba Akurasi Tes PCR dan Genose)


"Saya sudah sampaikan kemarin, hasilnya adalah dari 500 orang yang dites, 500 itu menyetor hasil tiupannya, tetapi PCR-nya hanya 100, 400 orang lari. Tidak melakukan PCR. Kesimpulan pertama, orang lebih suka GeNose daripada PCR," tutur Danny sapaan Moh. Ramdhan Pomanto di Balai Kota Makassar, Senin (26/4/2021).


Menurut Danny, hasil perbandingan kedua alat tersebut menunjukkan GeNose efektif sebesar 90 persen. Namun menurut Danny, secara kuantitas, alat yang dikembangkan Universitas Gadjah Mada ini lebih efektif dalam pendeteksian Covid-19.


"Yang kedua, kalau kita membandingkam 100 genose dan 100 PCR, maka Genose lebih mendeteksi orang positif dibanding PCR. Kalau PCRnya positif, otomatis juga Genosenya positif. Berarti lewat 90 persen. Tapi lebih banyak mendeteksi positif di Genose," terangnya.


Sementara untuk hasil deteksi Covid-19 secara jangka waktu, Danny mengatakan keunggulan GeNose yang bisa mendeteksi lebih awal ketimbang PCR dan Swab Antigen.


Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan tes lanjutan menggunakan PCR jika warga terdeteksi positif Covid-19 pada GeNose. (Baca juga: Hasil Tes GeNose Mulai Berlaku untuk Penumpang Kapal Laut)


"Berkesesuaian dengan penelitian bahwa Genose mendeteksi hari kedua, PCR mendeteksi hari keempat dan antigen mendeteksi hari kedelapan (setelah tertular). Berarti GeNose bisa dipakai, PCR juga. Kalau di GeNose dia positf, langsung ke PCR," papar Danny.


Olehnya itu, Pemkot Makassar akan segera memesan alat GeNose yang siap digunakan untuk setiap kelurahan dalam rangka program Makassar Recovder. "Baru mau dipesan, kita tidak mau pesan sebelum tes selesai, berarti ini sudah bisa dipesan," tandasnya.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B