Diimbangi Persik, Joop Gall Sebut Pemain PSM Persulit Rekannya Sendiri

*Gaya bermain disoroti

Diimbangi Persik, Joop Gall Sebut Pemain PSM Persulit Rekannya Sendiri
Duel bola udara antara pemain PSM Makassar melawan Persik Kediri pada pertandingan pekan ke-20 Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (18/1/2022). (Foto: Liga Indonesia Baru)

KABAR.NEWS, Makassar - Pelatih PSM Makassar Joop Gall mengkritisi gaya bermain anak asuhnya usai ditahan imbang Persik Kediri dengan skor 0-0 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Selasa (18/1/2022).


Joop Gall mengatakan, banyak hal yang harus dievaluasi dan ditingkatkan pasca pertandingan tadi. Salah satunya cara pemain PSM dalam mengorganisasikan diri saat menguasai dan tidak mengendalikan bola. 


Juru taktik asal Belanda itu menyebut sejumlah pemain justru merepotkan rekan-rekannya sendiri. Terkadang pemain PSM dianggap bingung akan mengumpan siapa ketika menguasai bola. 


"Pemain-pemain saya terlihat mempersulit rekan setimnya dengan berdiri terlalu statis. Terlalu terdiam, jadi orang yang memegang bola tidak tahu opsi-opsi apa yang dia miliki," ujar Joop Gall dalam rekaman post-match yang diterima KABAR.NEWS.


Selain pengorganisasian tim, Joop Gall juga melihat anak asuhnya tidak berani melakukan manuver, termasuk keberaniaan untuk lebih menekan jantung pertahanan Persik.


Pernyataan Gall tercermin dalam statistik pertandingan tadi. Website Liga 1 mencatat, Juku Eja membuat 49 kali kesalahan saat melakukan umpan. Sebaliknya, Persik membukukan 44 umpan gagal.


Meski demikian, Wiljan Pluim dan kawan-kawan menguasi 69 persen jalannya pertandingan. Namun, tak ada satupun tembakan ke arah gawang yang dilesakkan pemain-pemain PSM.


"Dengan gaya permainan ini, seolah kita memberikan kado kepada lawan kita dan mereka gampang melakukan penjagaan," tandas pelatih PSM.


Satu poin dari pertandingan ini belum membawa PSM beranjak dari papan bawah klasemen Liga 1. Saat ini Pasukan Ramang mengoleksi 24 poin dari 20 pertandingan.