Dibayangi Ombak 4 Meter, Nelayan Jeneponto Takut Melaut

Angin kencang disertai ombak setinggi 3-4 meter membuat ciut nyali para nelayan. 

Dibayangi Ombak 4 Meter, Nelayan Jeneponto Takut Melaut
Ketgam: Sejumlah perahu nelayan terparkir di bibir pantai.int






KABAR.NEWS, Jeneponto - Cuaca buruk yang melanda perairan Jeneponto, Sulawesi Selatan, membuat para nelayan takut melaut. Angin kencang disertai ombak setinggi 3-4 meter membuat ciut nyali para nelayan. 

Diketahui cuaca buruk ini sudah sepekan terjadi di wilayah tersebut. Akibatnya puluhan nelayan tradisional hanya memarkirkan perahu mereka di pinggiran pantai. Kondisi ini dimanfaatkan sebagian nelayan untuk memperbaiki perahu mereka. 

Sementara, beberapa nelayan terpaksa melawan ombak demi menyelamatkan bagan ikan milik mereka yang telah dipasang di tengah laut. 

Daeng Mile, seorang nelayan asal Tanrusampe, Kecamatan Binamu, mengaku tidak melaut untuk mencari ikan karena takut digulung ombak besar. 

"Sudah beberapa hari ini tidak melaut, sejak wilayah Kabupaten Jeneponto dilanda hujan deras disertai angin kencang, yang memicu gelombang ombak besar dilaut," ujarnya kepada wartawan, Senin, (21/12/2020).

Menurutnya, jika dirinya memaksa untuk melaut dalam kondisi cuaca seperti itu dapat membahayakan keselamatanya. "Jadi, dari pada keselamatanku terancam, saya lebih baik tinggal dirumah sambil menunggu cuaca kembali normal seperti biasanya,"jelasnya

Dia menyampaikan, untuk mengisi kekosongan selama tidak melaut, dirinya bersama nelayan lain membenahi kapal dan membuat jaring."Saya bersama nelayan lain di desa tanru sampe memperbaiki kapal dan membuat jaring selama tidak melaut," pungkasnya. 

Para nelayan berharap, pemerintah dapat memberikan bantuan untuk mengurangi beban hidup mereka selama cuaca buruk melanda wilayah tersebut. 
 

Penulis: Akbar Razak/B