Dibahas di DPRD, Gaji Tenaga Kontrak Pemkab Tator Segera Dibayarkan

Pembayaran utang daerah belum bisa dilakukan

Dibahas di DPRD, Gaji Tenaga Kontrak Pemkab Tator Segera Dibayarkan
Suasana rapat Banggar dengan TAPD di di ruang Banggar DPRD Tator, Jumat (5/11/2021).(KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Makale - Gaji tenaga kontrak daerah (TKD) Pemerintah Kabupaten Tana Toraja (Tator), Sulawesi Selatan, segera dibayarkan dalam waktu dekat ini.

Hal itu dibahas dalam rapat penyusunan APBD tahun 2022 antara Badan Anggaran atau Banggar DPRD Tator bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) pada Jumat (5/11/2021) kemarin.


Ketua Banggar DPRD Tator Wellem Sambolangi' meminta TAPD melakukan kalkulasi ulang anggaran, termasuk memasukan honorarium TKD.


"Kita berharap agar pemerintah Kabupaten Tana Toraja melakukan rasionalisasi anggaran, untuk itu banggar dan TAPD harus saling terbuka terkait anggaran, terkhusus bagi TKD yang honor mereka belum dibayarkan," kata Wellem.


Banggar juga berharap ada kejelasan dari TAPD terkait status utang Pemkab Tator saat ini. Selain meminta penetapan APBD bisa disahkan tepat waktu.


Merespons pernyataan Welem, Ketua TAPD Tator Semuel Tande Bura menjelaskan bahwa untuk tahun 2021, tidak akan ada pembayaran hutang karena tidak ada anggaran perubahan.


"Terkait honor TKD tahun 2021 akan diupayakan pembayaran awal bulan November ini," ungkapnya.


Dia menjelaskan pembayaran utang belum dapat dilakukan berdasarkan hasil konsultasi dengan Pemprov Sulsel.


"Pembayaran hutang daerah belum mungkin kita bayar, saat ini hanya boleh untuk kegiatan-kegiatan yang terkait kedaruratan dalam hal ini refocusing untuk penanganan Covid-19 dan terkait bidang kesehatan harus melampirkan kajian-kajian tertentu," pungkasnya.


Penulis: Febriani/B