Diabaikan Pemerintah, Warga Sinjai Gotong Royong Perbaiki Bendungan

Jelang musim tanam

Diabaikan Pemerintah, Warga Sinjai Gotong Royong Perbaiki Bendungan
Warga desa Baru, Sinjai Tengah bergotong royong perbaiki Bendungan Kalamisu. (KABAR.NEWS/Syarif).






KABAR.NEWS, Sinjai - Warga di Desa Baru, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan bergotong-royong memperbaiki Bendungan Air Kalamisu Kanan yang sudah lama roboh sepanjang kurang-lebih 30 meter. 

Salah satu warga, Andi Rancing menuturkan bahwa perbaikan bendungan ini dilakukan secara swadaya pada Kamis (10/12/2020), pasalnya sudah hampir memasuki musim tanam namun bendungan tersebut tak kunjung diperbaiki oleh pihak pemerintah.


"Bendungan Kalamisu ini mengairi lahan yang kurang lebih 50 hektar sawah namun tak kunjung ada perhatian dari pemerintah sehingga masyarakat petani dengan swadaya memperbaikinya," jelasnya.


"Kami melakukan perbaikan bendungan karena sudah masuk musim tanam sementara air tidak bisa masuk di saluran karena sudah 3 tahun bendungan ini tumbang dan saluran bocor," sambungnya.


Sementara, Kepala Bidang SDM PUPR kabupaten Sinjai A Syarifuddin mengatakan bendungan Kalamisu Kanan ini kewenangan pemerintah Kabupaten Sinjai


"InsyaAllah, kami mencoba tahun depan kalau cukup dana kami buatkan Bronjong karena memang tidak boleh dipermanenkan," katanya.


Penulis: Syarif/A