Dewan Desak Pemkot Makassar Segera Fungsikan Kontainer Covid-19

Sebelum bulan November

Dewan Desak Pemkot Makassar Segera Fungsikan Kontainer Covid-19
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengecek pengerjaan kontainer Makassar Recover. (Foto: Instagram/dpramdhanpomanto)












KABAR.NEWS, Makassar - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, didesak untuk segera merampungkan pengadaan 153 kontainer kelurahan untuk penanganan Covid-19.


Ketua Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Kota Makassar Abdul Wahab Tahir menilai, pemkot terlalu lamban dalam menyelesaikan pengadaan tersebut. 


"Ini sudah lama, jadi kita minta supaya ini cepat diselesaikan, jangan sampai selesai Covid-19 baru selesai," tutur Wahab di Makassar, Senin (18/10/2021).


Wahab meminta kontainer tersebut paling lambat rampung pada bulan November. Jika tidak, DPRD akan mengeluarkan rekomendasi khusus ke Pemkot Makassar.


"Jadi November paling lambat. Kita akan buat rekomendasi kalau ini tidak rampung. Tapi kita cek dulu kelurahan apa kendalanya, rekomedasinya itu tergantung masalahnya, karena tiap kelurahan beda, hanya karena lamban bukan berarti mereka menolak," tegas legislator Fraksi Golkar ini.


Sementara, Juru Bicara Makassar Recover Henny Handayani mengakui ada kendala pengadaan kontainer. Beberapa masih berproses di unit layanan pengadaan (ULP). Sementara lainnya masih tak diproses kelurahan.


"Masih dalam proses pengerjaan. Kalau sudah ready, baru diresmikan untuk mulai beroperasi," kata Henny.


Henny mengatakan, pengadaan tak hanya mengakomodir kontainer, beberapa item alat kesehehatan masih harus diadakan oleh kelurahan. Sebab nanti peti kemas tersebut akan dilengkapi medical check up baik menggunakan thermal detektor, monitoring kesehatan hingga saturasi oksigen.


"Jadi ada nakes stand by di situ, tergantung bagaimana kebutuhan warga yang akan dicover lewat recover center ini. Misal, ada keluhan terpapar Covid, nanti ada layanan swab di situ. PCR, Antigen," tandas Henny.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B