Densus Tangkap Terduga Teroris JAD Sampai di Enrekang, Ini Nama-namanya

- Ada 18 yang masih hidup

Densus Tangkap Terduga Teroris JAD Sampai di Enrekang, Ini Nama-namanya
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam yang menunjukkan sejumlah barang bukti milik terduga teroris. (KABAR.NEWS/Reza)












KABAR.NEWS, Makassar - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan penyergapan di 5 lokasi berbeda terhadap para terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).


Penangkapan dilakukan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri hingga ke wilayah Kabupaten Enrekang, Rabu (6/1/2021) kemarin. 


Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam mengatakan bahwa lima lokasi penangkapan itu berada di 3 kabupaten berbeda. Masing-masing di Kelurahan Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya dan Kecamatan Tallo untuk di Kota Makassar. (Lihat juga: Selain Ditembak, Ini Fakta-fakta Terduga Teroris di Makassar)


Selain itu, lokasi penangkapan antara lain di Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, serta Desa Taulo, Kecamatan Alla, di Kabupaten Enrekang.


"Pelaku keseluruhan berjumlah 20 orang terdiri dari 17 laki-laki dan 3 perempuan," kata Merdisyam kepada wartawan di Mapolda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kamis (7/1/2021).


Merdisyam mengungkapkan, pelaku teroris yang ditembak mati polisi itu bernama Moh. Rizaldy S dan Sanjai Ajis. Satu terduga teroris yang ditangkap di Villa Mutiara juga mengalami luka tembak bernama Iwan.


"Hubungan dari dua pelaku yang meninggal dunia dan 18 orang yang diamankan berafiliasi pada ISIS yayasan Ar Ridho milik Ustaz basru yang sebagai napiter. Yang bersangkutan meninggal dunia di Lapas Nusakambangan," ungkap Merdisyam. (Lihat juga: Pengakuan Ketua RT Soal Aktivitas Terduga Teroris di Makassar)


Lanjut Merdisyam, para pelaku yang diamankan ini masih akan tetap mendalami keterlibatan belasan pelaku ini sebelum ditetapkan sebagai tersangka.


"Mengenai beberapa orang warga yang diikut diamankan, bukan berarti dia ditangkap dan dijadikan tersangka. Dari penyelidikan kita memilah keterlibatan. Ibu dan anaknya kebetulan ada bersama ayah. Jadi kita ikut amankan ke Polda supaya tidak terjadi ekses (peristiwa di luar batas)" pungkas mantan Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) ini.

Berikut nama-nama 18 terduga pelaku teror yang ditangkap dari lima lokasi di Sulsel:

1. Zulfikar 
2. Muh. Saiful
3. Nasrul
4. Marsuki
5. Adi Aryanto
6. Ical
7. Ansar
8. Hendra
9. Muh. Fikri Oktaviandi
10. Bustar
11. Hamzah
12. Ahmad Aulia
13. Rustam
14. Ali
15. Iwan
16. Rosnina (P)
17. APA (P)
18. AS (P)


Penulis: Reza Rivaldy/A