Skip to main content

Dengan Bantuan CCTV Pengenal Wajah, Polisi China Tangkap Seorang Buronan

cctv
Ilustrasi (Getty Images)

KABAR.NEWS - Polisi China berhasil menangkap seorang pelaku kejahatan yang buron dengan bantuan CCTV pengenal wajah. Tersangka, yang telah diidentifikasi sebagai Mr Ao, menghadiri konser bintang pop Jacky Cheung di kota Nanchang akhir pekan lalu ketika dia ditangkap.

 

Polisi mengatakan, pria yang berusia 31 tahun, yang diburu karena "kejahatan ekonomi" ini, terkejut pada saat dirinya diamankan petugas.

 

Cina memiliki jaringan pengawasan yang sangat ketat dan luas dengan lebih dari 170 juta kamera CCTV. Mr Ao diidentifikasi oleh kamera di pintu masuk area konser, dan ditangkap oleh polisi setelah dia duduk dengan penonton konser lainnya.

 

"Tersangka itu tampak benar-benar terkejut ketika kami menangkapnya," kata petugas polisi Li Jin, kepada kantor berita Xinhua, mengutip dari BBC Senin (16/4/2018).

 

"Dia tidak berpikir polisi akan dapat menangkapnya dari kerumunan yang berjumlah 60.000 lebih dengan begitu cepat," ucap Li, dari kantor polisi Honggutan di kota Nanchang.

 

Mr Li juga berkata kepada China Daily bahwa terdapat beberapa kamera di pintu masuk konser yang dilengkapi dengan teknologi pendeteksi wajah. Mr Ao dilaporkan mengendarai 90km dari Zhangshu ke Nanchang dengan istrinya khusus untuk menonton konser.

 

Situs berita merilis rekaman yang menunjukkan tersangka berbicara dari dalam tahanan polisi, mengatakan: "Jika saya tahu, saya tidak akan pergi [ke konser]."

 

Ini bukan penangkapan pertama kalinya bagi polisi China ketika menggunakan sistem pengenalan wajah. Pada Agustus tahun lalu, polisi di Provinsi Shandong berhasil mengamankan 25 tersangka menggunakan sistem pengenalan wajah yang di pasang di Festival Bir Internasional Qingdao.

 

Cina sangat terkenal di dunia dalam hal teknologi pengenalan wajah dan ini mengingatkan warganya bahwa peralatan tersebut akan membuat mereka hampir mustahil untuk mengelabuhi pihak berwenang.

 

Cina telah membangun apa yang disebut "jaringan pengawasan kamera terbesar di dunia". Diperkirakan 170 juta kamera CCTV sudah dipasang dan sekitar 400 juta CCTV baru rencananya akan dipasang dalam tiga tahun mendatang. Kebanyakan kamera diggunakan sekarang ini sudah sangat canggih, termasuk teknologi pengenalan wajah salah satunya.


Miron