DEM Makassar Ditantang Buat Proyek Energi Baru Terbarukan 

*Mulai dari hal-hal sederhana

DEM Makassar Ditantang Buat Proyek Energi Baru Terbarukan 
Acara Ngopi Berenergi yang digelar oleh Dewan Energi Mahasiswa di Kota Makassar. (IST/HO)






KABAR.NEWS, Makassar - Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Kota Makassar menggelar diskusi bertajuk Ngopi Bernergi (Ngobrol Pintar Bersama Dewan Energi). Diskusi yang menghadirkan tiga narasumber ini berlangsung di Hotel Al Badar Jalan Pengayoman, Sabtu (22/1/2022). 


Ketiga narasumber tersebut ialah Prof Dr. Juajir Sumardi, Prof. Ir. Mukhtazar dan Harianto Albar. Ketua DEM Makassar Rizky Wijaya mengatakan, diskusi ini adalah sesi kedua setelah dilaksanakan pada tahun 2019. 


Menurut Rizky, pembahasan soal energi terkhusus energi baru terbarukan memang masih sangat minim di kalangan aktivis mahasiswa. 


"Saat ini pembahasan terkait energi di kalangan mahasiswa khususnya aktivis, masih sangat minim dalam artian memang masih belum tertarik karena belum terlalu memahami," kata Rizky dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.


Meski demikian, ia berharap dengan adanya diskusi dari DEM bisa memantik mahasiswa dan pemuda untuk lebih giat membahas soal energi. 


Di sisi lain, tiga narasumber yang hadir mendorong DEM agar melahirkan satu project yang bisa bermanfaat untuk masyarakat. 


"Saya tantang bagaimana DEM bisa berkontribusi nyata, melahirkan proyek terkait energi baru terbarukan. Yah, yang sederhana saja dulu jangan langsung besar begitu," harap Juadjir. 


Hal senada juga disampaikan oleh Mukhtazar, ia memberi dukungan kepada DEM agar bisa melahirkan projek tersebut.  "Nah, usulannya dari Prof. Juadjir tadi itu sangat bagus, kita dukung, bagaimana DEM bisa melahirkan itu, yah mulai dari desa dulu, 1 desa kemudian jika sukses lanjut lagi," tuturnya. 


Sementara itu, Harianto Albar yang juga salah satu aktivis energi berharap ada tindak lanjut DEM soal usulan tersebut. "Sata siap membantu, berdiskusi, kita tunggu project dari DEM," bebernya.