Delegasi Bawaslu Bulukumba Ikut Sukseskan SKPP Tingkat Menengah Provinsi Sulsel

Bawaslu Bulukumba utus lima orang

Delegasi Bawaslu Bulukumba Ikut Sukseskan SKPP Tingkat Menengah Provinsi Sulsel
Lima Delegasi Bawaslu Bulukumba pada SKPP Bawaslu Sulsel di Kota Makassar. (IST)






KABAR.NEWS, Makassar - Lima delegasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba menyukseskan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) tingkat menengah yang diadakan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).


SKPP Tingkat Menengah itu dilaksanakan di Ballroom Hotel Aryaduta, Kota Makassar selama lima hari sejak Rabu hingga Minggu (20-24/10/2021).


Mereka yang mewakili Kabupaten yang berjuluk Butta Panrita Lopi itu adalah Muhammad Aswan Syahrin, Israwati, Andi Muh. Dahnial, Ebby Ramdhani Syahri Wijaya dan Yayat. 


Ketua SKPP Bulukumba Muhammad Aswan Syahrin mengapresiasi program tersebut. Menurutnya, kegiatan itu merupakan sarana untuk menumbuhkan kesadaran terhadap Pemilu.


"Selaku peserta dalam kegiatan ini, mewakili teman teman mengapresiasi Bawaslu karena mencetak kami selaku volunteer pengawasan partisipatif. Ini merupakan program yang tepat dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kualitas demokrasi," ujar Aswan Syahrin dalam keterangan tertulis, Minggu (24/10/2021).


Ia mengungkapkan pada SKPP Tingkat Dasar yang dilaksanakan beberapa waktu lalu itu materinya dasar, akan tetapi pada SKKP Tinggkat Menengah ini itu lebih diatas sehingga pengetahuan menjadi kader partisipatif lebih terbuka.


"Melalui kegiatan ini muali dari SKPP tingkat pertama hingga menegah ini sangat menambah ilmu dan pengetahuan  mengenai sistem kepemiluan di dindonesia. Wabilkhusus pada penguatan saya sebagai volunteer pengawasan partisipatif," paparnya.
 

Ia berharap, program SKPP ini mampu menjadi pemantik atau pemicu lahirnya Pemilu berintegritas sehingga melahirkan pemimpin yang berkualitas.


Sementara itu, Koordinator Pengawasan Partisipatif Bawaslu Bulukumba Rahman yang juga menjadi pendamping mengatakan, SKKP ini tidak hanya sampai pada tingkatan menengah akan tetapi hingga SKPP Tingkat Nasional.


"Jadi SKPP ini tidak sampai pada tingkatan menengah akan tetapi sampai Nasional.  Mudah-mudahan ada yang mewakili Kabupaten Bulukumba," harapnya.


Untuk diketahui, sebanyak 70 orang yang mengikuti SKKP Tingkat Menengah itu, terdiri 14 Kabupaten Kota yang ada di Sulawesi Selatan.

Penulis: Akbar Razak/B