Dedy Palimbong Sambut Bahagia 11 Jemaah Haji asal Torut 

- Setelah delapan tahun menunggu

Dedy Palimbong Sambut Bahagia 11 Jemaah Haji asal Torut 
Wakil Bupati Kabupaten Torut Frederick V. Palimbong (kedua kanan depan) saat menyambut jemaah haji di Masjid Agung Rantepao, Torut, Senin (1/8/2022). (IST)

KABAR.NEWS, Rantepao - Wakil Bupati Kabupaten Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan, Frederick Victor Palimbong atau Dedy menyambut bahagia dan haru kepulangan jemaah haji asal daerah ini yang berjumlah sebelas orang.


Perasaan haru tersebut disampaikan Dedy saat menyambut kedatangan jemaah haji asal Torut di Masjid Agung Rantepao, Senin (1/8/2022). Dedy didampingi Sekda Torut Salvius Pasang, Asisten I Yermia Marewa dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Torut Pretty Lamban Gasong.


Menurut Dedy, kepulangan jemaah haji Torut sangat tidak terasa karena hanya berselang beberapa pekan dia bersama Bupati Torut Yohanis Bassang melepas keberangkatan sebelas jemaah haji tersebut ke Mekkah, Arab Saudi.


"Dan pada hari ini saya pula yang menerima dan sudah menjadi haji dan hadja Toraja Utara, delapan tahun menunggu akhirnya mendapatkan kuota haji. Begitu pula kami pemda Toraja Utara sangat bergembira menyambut dan menerima haji semua dalam keadaaan sehat," tutur Dedy.


Prosesi penerimaan jemaah haji asal Torut dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, yang dilantunkan oleh Andi Rabiati dan dilanjutkan sambutan oleh sejumlah pejabat.


Sementara, Kepala Kemenag Torut Pretty Lamban menyampaikan terima kasih kepada Tuhan karena sebelas jemaah haji pulang dalam keadaan sehat dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 


"Terima kasih juga yang kepada Pemda Toraja Utara, panitia dan seluruh pihak yang terlibat, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," kata Pretty Lamban Gasong menyampaikan sambutan.


Prosesi penyambutan ini juga dirangkai dengan penyerahan kembali dokumen dari Ketua rombongan haji, H. Abdul Rahim kepada Dedi yang selanjutnya diserahkan kepada Kemenag Torut untuk dicatatkan menjadi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia.


Penulis: Febriani/B