Debut Liga Korea, Asnawi Main Sebagai Penyerang Sayap

Ansan petik poin

Debut Liga Korea, Asnawi Main Sebagai Penyerang Sayap
Asnawi Mangkualam (kedua kiri bawah) turun sebagai starter bersama Ansan Greeners. (Foto: AFC)






KABAR.NEWS - Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar menjalani debutnya bersama Ansan Greeners pada kompetisi Liga 2 Korea Selatan atau K2 League. Uniknya, Asnawi diturunkan sebagai penyerang sayap.


Pada pertandingan melawan Busan IPark di Stadion Gudeok, Sabtu (3/4/2021), Pelatih Ansan Greeners Kim Gil-sik menaruh trio lini serang yang dihuni oleh Asnawi di sisi kanan, Geon-Joo Choi di sisi kiri, dan Kim Ryun-do sebagai striker sentral. 


Melansir Goal, Asnawi memang punya karakter menyerang yang cukup kental, ditopang dengan tenaga bagus untuk menggebrak lini pertahanan lawan. Makanya, tidak heran jika Gil-sik berani menjajal Asnawi sebagai penyerang sayap.


Selama bermain di Indonesia, pemain 21 tahun tersebut lebih dikenal sebagai bek kanan yang ofensif, atau bahkan seorang gelandang bertahan.


Pada laga ini Asnawi tidak mencatatkan penampilan penuh selama 90 menit, namun ia tampil cukup baik untuk ukuran debutan. Terlebih, Asnawi menjalani posisi baru yang sebelumnya tidak pernah ia mainkan selama di Indonesia.


Dalam pertandingan ini, Ansan harus berbagi angka 1-1 dengan Busan IPark. Sebagai tim tamu, Green Wolves julukan Ansan unggul lebih dulu lewat gol Geon-Joo. Kemudian disamakan pemain Busan IPark, Jung Hoon-sung menit ke-66 atau empat menit sebelum Asnawi diganti.


Hingga pertandingan berakhir, tiada gol tambahan pada pertandingan ini, meski waktu tambahan terjadi hingga tujuh menit. Hasil ini membuat posisi Ansan Greeners di klasemen K2 League masih berada di peringkat kedua.


Ini merupakan penampilan kedua Asnawi bersama Ansan Greeners. Pada pekan lalu, mantan pemain PSM Makassar itu menjalani debut bersama tim barunya melawan Yangpyeong FC di Piala FA Korea.