Debat Pilwalkot Makassar, Irman Pakai Patonro', Zunnun Pakai Songkok

Disebut tampil beda

Debat Pilwalkot Makassar, Irman Pakai Patonro', Zunnun Pakai Songkok
Paslon Irman Yasin Limpo - Andi Zunnun NH. (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Pasangan calon wali kota dan wakil wali Kota Makassar, Irman Yasin Limp - Andi Zunnun Armin NH, tampil beda dengan tiga kandidat lainnya di acara debat yang berlangsung Sabtu (7/11/2020) malam ini. Keduanya menonjolkan identitas sebagai Bugis Makassar.


None - sapaan akrab Irman YL, menggunakan pakaian yang senada dengan wakilnya, Andi Zunnun. Kemeja putih, dengan kombinasi warna kuning dan biru, dilengkapi dengan corak tulisan lontara. 


Keduanya juga menggunakan aksesoris di kepala, yang menunjukkan identitas masing-masing. None memakai patonro Makassar, sedangkan Andi Zunnun menggunakan songkok recca.


Juru bicara Irman - Zunnun, Irfan mengatakan, dari segi kostum, kandidat nomor urut 4 ini sudah menunjukkan identitasnya sebagai seorang Bugis - Makassar. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, karena keduanya berani tampil beda.


"Pak None kita ketahui adalah orang Makassar, sedangkan Pak Andi Zunnun Bugis Bone. Mereka menonjolkan identitasnya melalui pakaian yang dikenakan," kata Irfan dalam keterangan tertulisnya.


Menurut Irfan, karena acara debat kandidat disiarkan secara langsung oleh TV nasional, Irman - Zunnun sekaligus memperkenalkan budaya kita terhadap masyarakat luar melalui pakaian yang mereka kenakan.


"Patonro' Makassar dan songkok recca merupakan identitas kita sebagai Bugis Makassar. Hal ini tentu   akan menarik perhatian orang-orang luar mengenai budaya kita," imbuhnya.

Penulis: Rahma Amin/C