Debat Pilkada Tator, Theo-Zadrak Fokus Pulihkan Sektor UMKM

100 hari kerja

Debat Pilkada Tator, Theo-Zadrak Fokus Pulihkan Sektor UMKM
Paslon Theo-Zadrak saat debat di Grand Hotel Metro Permai-Makale. Selasa (1/12/2020).(KABAR.NEWS/Febriani).






KABAR.NEWS, Makale - Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja (Tator), Sulsel, Theofillus Allorerung dan Zadrak Tombeg (Theo-Zadrak) menjadikan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai fokus penanganan 100 hari kerja jika terpilih pada 9 Desember nanti. 

Hal itu diujarkan Theo saat dalam debat publik II Pilkada Tator yang digelar di Grand Hotel Metro Permai  Makale, Selasa (1/12/2020). Dia menyebut UMKM merupakan sektor paling terdampak pandemi dan butuh penanganan langsung oleh pemerintah.


"Sektor UMKM merupakan yang paling terdampak dan ini langsung menyentuh masyarakat kecil berpendapatan rendah," kata Theo, menanggapi pertanyaan panelis dalam Debat Kandidat Pilkada Tana Toraja.


Theo memastikan, dalam program 100 hari kerjanya nanti, UMKM akan bangkit, baik melalui edukasi maupun melalui bantuan insentif permodalan yang ada dan juga melalui upaya menciptakan kegiatan yang berkenaan dengan pariwisata yang ada. Dengan demikian, UMKM ini bisa tumbuh.


"Kami juga akan meningkatkan usaha masyarakat di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan air tawar. Kita akan memanfaatkan lahan pekarangan masyarakat yang ada sebagai salah satu upaya untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat," terangnya.


Bagi seluruh masyarakat yang terdampak, lanjut Theo, akan diberikan insentif. Paling tidak, mengurangi beban mereka. Seperti, memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat yang tidak mampu, sehingga daya beli masyarakat bisa bangkit.


"Masyarakat akan bangkit daya belinya, UMKM juga akan tumbuh dan bangkit," ujarnya.


Pelatihan-pelatihan, lanjutnya, juga akan dilakukan melalui pendidikan vokasi, serta pendidikan keterampilan bagi kaum perempuan dan milenial. Sehingga, mereka akan lebih produktif dalam mengelola sektor ekonomi kreatif dan ekonomi kerakyatan.


Sementara Zadrak Tombeg menambahkan, dalam meningkatkan ekonomi, Tator yang dikenal dengan pariwisatanya juga tetap harus memberikan jaminan keamanan dari Covid-19. Karena itu, pemerintah harus ikut memastikan, setiap wisatawan yang datang aman di Tana Toraja.


"Ini akan membuat ekonomi mikro kecil bisa bergerak," kata Zadrak.


Penulis: Febriani/B