Debat Pilkada Lutra, Rahmat Laguni akui Kecerdasan Suaib Mansur

Saat memberi pertanyaan

Debat Pilkada Lutra, Rahmat Laguni akui Kecerdasan Suaib Mansur
Debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Lutra. (Screen shot/YouTube Kompas TV)

KABAR.NEWS, Makassar - Calon Wakil Bupati nomor urut 1 Kabupaten Luwu Utara, Sulsel, Rahmat Laguni, mengakui kecerdasan Suaib Mansur yang merupakan calon wakil Bupati Lutra nomor urut 2.


Pengakuan itu disampaikan Rahmat Laguni ketika sesi debat ketiga Calon Bupati dan Wakil Bupati Lutra di Hotel Four Points Makassar, Minggu (22/11/2020) yang ditayangkan live Kompas TV.


Saat memberikan pertanyaan ke Suaib Mansur, Rahmat mengakui bahwa "sahabatnya" tersebut adalah orang yang cerdas dan lihai. Hanya saja kecerdasan itu tak ada gunanya.


"Saya paham Anda (Suaib, red) cerdas. Apabila rakyat Luwu Utara memberikan kepercayaan sebagai wakil bupati terpilih pada 9 Desember, kecerdasan Anda, kelihaian Anda tidak bisa tercapai untuk masyarakat karena Anda hanya dipajang sebagai wakil bupati," ujar Rahmat, bertanya kepada Suaib Mansur.


Perntanyaan calon wakil dari Thahar Rum itu lantas dijawab Suaib Mansur dengan penekanan bahwa, wakil Bupati memang punya tugas pokok dan tak bisa mengambil peran yang dimiliki oleh bupati.


"Terutama dalam menentukan kebijakan. Tetapi pengawasan dari tugas pokok wakil bupati itu memiliki peranan yang sangat penting. Pengawasan bisa diharapkan memberikan saran kepada bupati Yang tidak kalah pentingnya, bupati tidak selalu bisa berada di tempat. Pada saat yang sama wakil bupati bisa berperan sesuai titah yang diperintahkan bupati," tutur Suaib.


Dijelaskan Suaib bahwa, wakil bupati bukanlah sekadar pajangan atau reserep belaka, namun untuk konteks Kabupaten Lutra, adalah dwi tunggal dalam menangani pandemi dan pasca banjir bandang. 


"Klu kita lihat lutra saat ini ada dua peristiwa besar yang harus kita lalui yang membutuhkan sinergitas antara bupati dan wakil bupati. Jadi prinsip saya, bupati dan wakil bupati ini harus menjadi dwi tunggal," tandas calon wakil Bupati dari Indah Putri Indriani.