Dari Tanah Papua, KKSS Jayapura Bantu Korban Gempa Sulbar

- Kumpulkan dana Rp70 juta

Dari Tanah Papua, KKSS Jayapura Bantu Korban Gempa Sulbar
Penyaluran bantuan untuk korbang gempa di Majene dan Mamuju, Sulbar, oleh Pengurus KKSS Jayapura, Kamis (27/1/2021). (IST)






KABAR.NEWS, Mamuju - Pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Jayapura, Papua, ikut membantu meringankan penderitaan pengungsi gempa bumi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar).


Sejumlah perwakilan KKSS Jayapura pada Kamis (27/1/2021), terjun langsung ke tenda pengungsian untuk menyalurkan bantuan sebanyak dua kali dalam bentuk sembako, kebutuhan bayi dan kebutuhan perempuan.


Untuk membantu penyintas gempa Majene dan Mamuju, KKSS Jayapura berhasil mengumpulkan uang donasi sebesar Rp70 juta, yang bersumber dari pengurusa dan dermawan.


“Hari ini kami baru salurkan Rp20 juta dan 50 jutanya akan menyusul melalui teman kami di Polman ke masyarkat yang terdampak 3 hari yang akan datang," kata Wakil Ketua KKSS Kabupaten Jayapura, Harjuni Serang, dalam keterangan tertulis.


Dia juga mengatakan bahwa bantuan untuk hari ini distribusikan pada 2 lokasi yang berbeda yakni di Desa Kayuwangi Kabupaten Mejene dan kediaman Haji Sabar di Jalan Wolter Mongosidi, Mamuju, yang rumahnya hancur dan anggota keluarganya meninggal dunia.


“Sesuai perintah dari bapak Wagus Hidayat selaku ketua kami, hari ini kami fokus di dua titik satu di Majene Desa Kayuangin, Kecamatan Malunda dengan 115 kepala keluarga yang terdampak dan di Kediaman bapak Haji Sabar di Kota Mamuju," kata Dosen Universitas Cendrawasih ini.


Selain itu, dia juga menandaskan bantuan ini merupakan wujud kepedulian KKSS Kabupaten Jayapura terhadap korban bencana gempa bumi di Sulbar.


“Jangan dilihat dari jumlah donasinya. Ini mungkin tidak banyak, tapi kami peduli dan ini merupakan wujud kepedulian para perantau Bugis Makassar yang ada di Jayapura," ujarnya.


Terakhir dia berharap Mamuju dan Majene bisa bangkit kembali pasca diguncang gempa berkekuatan 6,2 skala richter pada Jumat, 15 Januari.


“Selaku perwakilan KKSS Jayapura saya berharap Mamuju dan Majene secepatnya bisa bangkit, dua sampai tiga tahun bisa pulih kembali dan maju,” harapnya sedih.