Dari PSM ke Persija, Marc Klok Resmi Jadi WNI

Berikrar setia untuk NKRI

Dari PSM ke Persija, Marc Klok Resmi Jadi WNI
Marc Klok saat masih menjadi pemain PSM Makassar. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)






KABAR.NEWS, Makassar - Gelandang Persija Jakarta Marc Anthony Klok resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Naturalisasi pemain asal Belanda ini disampaikan lewat akun Instagram-nya @marcklok.


"It's Official. Hari ini jadi hari yang tidak terlupakan bagi saya. Saya resmi menjadi warga negara Indonesia," tulis Klok pada unggahan fotonya, Kamis (12/11/2020).


Pada foto yang diunggah tersebut, Klok berfoto mengenakan jas berwarna hitam dibalut dasi merah dengan latar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) DKI Jakarta.


Instagram Persija juga memposting foto Klok sedang mencium bendera merah putih. Di kantor Kemenkum HAM DKI, pemain nomor punggung 10 itu berikrar sumpah setia untuk NKRI.


Klok memang telah memperjuangkan status naturalisasinya sejak masih memperkuat PSM Makassar pada tahun 2017 hingga awal musim 2020. 


Dia telah keluar masuk kantor pemerintah, mulai dari Kementerian Pemuda dan Olahraga hingga DPR RI untuk mendapatkan status sebagai WNI.


Gelandang jangkar 27 tahun tersebut berambisi menjadi pemain naturalisasi karena ingin memperkuat Timnas Indonesia. Klok bahkan sempat dipanggil mengikuti latihan bersama Timnas untuk kualifikasi Piala Dunia Qatar pada Juni 2019.


Klok menggenapkan dua pemain Persija sebagai pemain naturalisasi. Sebelumnya, Macan Kemayoran telah memiliki Otavio Dutra yang berganti kewarganegaraan dari Brasil ke Indonesia.


"Terima kasih banyak untuk semua doa dan dukungannya," tandas Klok.