Dari Jombang, BEM dan Ormawa Unhasy Turun Bantu Korban Gempa Sulbar

Aksi kemanusiaan

Dari Jombang, BEM dan Ormawa Unhasy Turun Bantu Korban Gempa Sulbar
Relawan BEM dan Ormawa Unhasy Jombang menyalurkan bantuan kepada pengungsi Gempa di Majene, Sulbar. (IST)






KABAR.NEWS, Makassar - Kepedulian untuk korban gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat, terus berdatangan. Kini giliran mahasiswa Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Jombang, Jawa Timur, mengulurkan tangan kepada para korban.


Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unhasy Al Aziz mengatakan, aksi solidaritas untuk korban gempa Sulbar merupakan panggilan kemanusiaan sebagai mahasiswa yang terdidik untuk saling peduli dan peka terhadap keadaan sesama.


Al Aziz menjelaskan, mereka turun ke jalan-jalan Kota Jombang menggalang dana untuk korban gempa Sulbar sejak 17 Februari 2021, hingga beberapa hari bersama seluruh Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Unhasy.


"Alhamdulillah berkat kedermawanan dan kepedulian segenap masyarakat Kota Jombang dan sekitarnya, kami berhasil mengumpulkan dana yang yang tidak seberapa jumlahnya jika dinilai dengan materi," kata Al Aziz dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/2/2021).


Setelah mengumpulkan bantuan, BEM dan Ormawa Unhasy pada Minggu, 21 Februari, mengirim tim relawan ke Sulbar untuk menyalurkan secara langsung bantuan tersebut di tenda-tenda pengungsi. 

"Kami mendelegasikan beberapa relawan untuk terjun langsung di lokasi bencana yaitu Sulawesi Barat dengan harapan dapat banyak membantu mereka para korban bencana bukan hanya pada sisi fisik tapi juga psikis," beber Al Aziz.


"Setelah sampai di lokasi dengan penuh perjuangan, alhamdulillah kami sukses menyalurkan bantuan kepada banyak masyarakat di antaranya masyarakat Desa Mekkatta, Bambangan, Kota tinggi, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene. Semoga tindakan kami dapat membantu korban walaupun sedikit dan dapat dinilai pahala di sisi-Nya," harap Al Aziz.


Setelah menyalurkan bantuan, tim relawan dari BEM dan Ormawa Unhasy kembali ke Jombang pada Selasa, malam tadi.