Dapat Undangan Khusus, Taufan Pawe Ikut Dampingi Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe

Apresiasi hadirnya bendungan tersebut

Dapat Undangan Khusus, Taufan Pawe Ikut Dampingi Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe
Wali Kota Parepare Taufan Pawe (tengah) mendampingi Presiden Jokowi dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk meresmikan Bendungan Karalloe. (IST)






KABAR.NEWS, Gowa - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe , hadir langsung mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi), bersama Menteri Koordinator bidang perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Plt Gubernur Sulsel, Bupati Gowa dan Bupati Jeneponto pada peresmian Bendungan Karalloe Kabupaten Gowa, Selasa (23/11/2021).


Bendungan tersebut yang terletak di dua Desa di Kabupaten Gowa, yakni Desa Garing Kecamatan Tompobulu, dan Desa Taring Kecamata Lompobulu, yang memiliki luas sebanyak 7 hektare.


Bendungan ini diharapkan mampu menghadirkan air baku untuk 10 Kecamatan di Kabupaten Jeneponto dengan debit air 420 Liter /detik, dan satu kecamatan di Kabupaten Gowa dengan Produksi air sebanyak 20 Liter / detik, sementara juga diharapkan jadi reduksi banjir 49,12 persen dan juga akan menjadi pembangkit listrik tenaga air dengan kebutuhan 4,5 MW.


Presiden Jokowi mengatakan, hadirnya bendungan ini diharapkan mampu meningkatkan produksi pertanian masyarakat Sulawesi Selatan khususnya Kabupaten Gowa dan Jeneponto.


"Bendungan ini dibangun sejak tahun 2013 dengan tipe Concrete Face Rockfill Dam (CFRD), dengan tinggi 85 meter, panjang puncak bendungan 396 meter dan lebar 10 meter, dengan daya tampung sebanyak 40,50 juta Meter kubik, dengan luas genangan sebanyak 145 hektare dan panjang terowongan 583 meter, pembangunan ini juga menelan anggaran Rp1,27 triliun," katanya dalam keterangan tertulis.


Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengapresiasi hadirnya bendungan Karalloe, Sebagai bentuk implementasi dari program strategis nasional, sehingga mampu memenuhi kebutuhan air menuju Sulawesi Selatan lumbung pangan Indonesia.


"Ini bagian dari program strategis nasional dalam melakukan pemenuhan kebutuhan air untuk sektor Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan berbagai program pengembangan kebutuhan pangan di Indonesia," katanya.


Taufan menuturkan, kebijakan Presiden dan juga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, telah banyak menghasilkan program pro pembangunan ekonomi, terbukti berbagai capaian ekonomi telah diraihnya.


"Dengan berbagai kebijakan Presiden RI dengan Menko Perekonomian, telah banyak memberikan dampak baik bagi perekonomian kita di Indonesia, dan saat ini kami berhasil keluar dari jurang resesi ekonomi, maka kemudian dengan peningkatan ekonomi yang ada sebagai kepala daerah maka saya mengajak kepada semua untuk bersama-sama bahu-membahu dalam mewujudkan ekonomi Indonesia bisa lebih baik lagi," ajak Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.


Penulis: Arsyad/C