Dapat Opini WDP, Danny Sebut Keuangan Makassar 2020 Dikelola Primitif

Janji benahi sistem keuangan

Dapat Opini WDP, Danny Sebut Keuangan Makassar 2020 Dikelola Primitif
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto (kanan) memperlihatkan dokumen LHP yang diterima dari BPK di Balai Kota Makassar, Selasa (18/5/2021). (Foto: Humas Pemkot Makassar)






KABAR.NEWS, Makassar - Laporan Keuangan Pemerintah Kota Makassar tahun 2020 mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi Selatan.


Hal itu diketahui dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang diserahkan BPKP Sulsel kepada Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto di Balai Kota Makassar, Selasa (18/5/2021). BPK memberi berbagai catatan laporan keuangan Makassar selama tahun 2020.


Danny Pomanto sapaan wali kota mengaku akan segera mempelajari secara rinci hasil temuan dari BPK. Menurutnya, opini WDP yang diraih Pemkot Makassar tahun 2020 menunjukkan sistem keuangan tidak terkontrol selama masa Penjabat Wali Kota Rudy Djamaluddin.


"Dua tahun lalu sejak dipergunakan perhitungan aktual basic dalam laporan keuangan daerah tidak boleh diperkenankan itu pinjam - meminjam, hal ini sangat primitif sekali, saya heran kenapa muncul di satu tahun ini, itu tandanya pemerintahan pada saat itu modelnya tidak terkontrol, mestinya semua harus terkontrol," ungkap Danny dalam keterangan tertulis.


Danny menegaskan dirinya bersama Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi akan membenahi LHP untuk meraih kembali target opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).


"Saya bersama Fatmawati Rusdi akan membenahi semuanya agar kita kembali meraih WTP, yang terkait dan terlibat di dalamnya akan kita resetting total, kita akan pelajari semua," tegasnya.


Danny mengingatkan bahwa dalam misi pemerintahannya, ada tiga tolok ukur untuk bebas dari indikasi korupsi dan praktik penyalahgunaan keuangan.


"Jelas sekali sudah saya terangkan ada tiga ukuran bebas indikasi terhadap korupsi yaitu jujur LHP KPK , bebas LHP BPK dan bebas LHP dari inspektorat," terangnya.