Danny Wacanakan Masuk Mal di Makassar Pakai Kartu Vaksin

PPKM Level 4 diperpanjang

Danny Wacanakan Masuk Mal di Makassar Pakai Kartu Vaksin
Ilustrasi. Sejumlah pengunjung mengantri di depan pintu masuk Mal Panakukkang Makassar, Jl Boulevard Malassar, Sabtu (11/7/20202) akhir pekan pengunjung mal mengalami peningkatan meskipun masih dalam masa pandemi. (KABAR.NEWS/Irvan Abdullah)












KABAR.NEWS, Makassar - Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto mewacanakan membuka mal atau pusat perbelanjaan meski PPKM Level 4 diperpanjang hingga 23 Agustus. Syaratnya, setiap pekerja dan pengunjung wajib menunjukkan kartu vaksin Covid-19.


Danny mengaku mendengar banyak keluhan masyarakat Kota Daeng agar sejumlah mal bisa beroperasi kembali saat PPKM. Rujukannya, seperti di DKI Jakarta yang membolehkan mal beraktivitas kembali dengan syarat wajib divaksin Covdi-19.


Namun, Danny ingin lebih dulu meminta masukan masyakarat sebelum menerapkan kebijakan wajib surat vaksin untuk masuk mal jika kembali beroperasi.


"Belum karena di mal dilarang, untuk apa pakai kartu vaksin kalau memang dilarang. Kecuali kalau minta dibuka, nanti kita dengarkan juga masyarakat," tutur Danny di Kediamannya Jalan Amirullah, Makassar Senin (9/8/2021).


Tapi, jika masyarakat sepakat untuk meniru aturan seperti di DKI Jakarta, maka Pemkot Makassar bisa mempertimbangkan aturan tersebut bisa diberlakukan.


"Misalnya masyarakat bilang buka mal, mau ikut Jakarta caranya gak? Kalau setuju ayo kita buka," terang Danny.


Untuk saat ini, Danny mengatakan akan melihat aturan yang secara teknis diberlakukan untuk kelanjutan PPKM Level 4 hingga 23 Agustus mendatang. 


"Tapi sementara untuk PPKM level 4 dilarang. Intinya terkait perpanjangannya kami tunggu dari pusat," pungkas Danny.


Sebagai informasi, vaksinasi Covid-19 dosis pertama Kota Makassar telah mencapai angka 453.864 penerima per 9 Agustus 2021, pukul 18.00 WITA. Angka ini merupakan yang tertinggi di Provinsi Sulsel menurut data Kementerian Kesehatan.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B