Danny Ingin Stadion dan Rel Kereta Dibangun di Untia Makassar

Akan diserahkan kepada pihak swasta

Danny Ingin Stadion dan Rel Kereta Dibangun di Untia Makassar
Walikota Makassar Danny Pomanto saat meninjau kawasan lahan yang bakal dijadikan Jalan Strategis di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kamis (25/3/2021). (Kabarnews/Fitria)






KABAR.NEWS, Makassar - Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto membeberkan sejumlah rencana pembangunan proyek strategis di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya. Salah satunya adalah stadion sepak bola.

Danny pada kunjungannya ke Untia, Kamis (25/3/2021) mengatakan, pihak swasta akan membangun jalan yang menghubungkan antara Maros menuju Pelabuhan Makassar New Port. Bahkan rencananya, bakal ada proyek pengerjaan jalan untuk membangun kereta di area tersebut. 


Adapun area jalan yang akan dibangun tersebut kata Danny, akan diserahkan oleh pihak pengembang yakni Summercon Mutiara sepanjang 2,8 km. 


"2,8 km diserahkan, kereta api nanti di sini di tengah, tidak ada pembebasan lahan, nanti langsung di tengah. Jadi kereta api dari Maros, langsung nanti ke New Port di sini jalurnya," tutur Danny di Untia.


Sementara lebar jalan yang bakal dibangun pada area tersebut, seluas 56 meter. Olehnya itu, pihaknya akan mengusulkan lebih lanjut mengenai pembangunan jalan yang ditaksir lebih luas dari jalanan kawasan Sudirman, Jakarta. 


"Kira-kira dia lebih besar tadi seperti jalan Sudirman di Jakarta. Selanjutnya, kita akan Lanjutkan ke Pemerintah Pusat," lanjutnya


Karena dianggap akan jadi kawasan strategis dan wilayah kota baru di Makassar bagian Utara, Danny pun sangat berharap kawasan stadion juga bisa dibangun di area tersebut. 


"Kalau saya usul tentang stadion di sini. Stadion itu butuh minimal 6 hektare, kami punya 18 hektare," terangnya.


Menurutnya, area Kelurahan Untia ini sangat layak untuk dijadikan stadion sepak bola karena dianggap sangat layak, terutama persoalan kapasitas jalanan yang nantinya akan lebih luas dan lebar. 


"Kita akan usulkan stadion ini karena kapasitasnya sangat memadai, kalah malah Barombong kalau diliat dari kapasitas jalannya," kata Danny.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/B