Dandim Baru akan Bantu Pemkab Jeneponto Tekan Kemiskinan

- Dandim Baru Jeneponto dijabat oleh Letkol Inf Agus Tanra

Dandim Baru akan Bantu Pemkab Jeneponto Tekan Kemiskinan
Acara serah terima jabatan Dandim 1425 Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. (KABAR.NEWS/Akbar Razak)






KABAR.NEWS, Jeneponto - Jabatan Komandan Distrik Militer (Dandim) 1425 Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, yang sebelumnya diemban Letkol Inf Gustiawan Ferdianto, kini berganti.


Gustiawan Ferdianto digantikan oleh Letkol Agus Tanra yang dimutasi dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) Markas Besar (Mabes-TNI). Gustiawan Ferdianto bergeser sebagai Wakil Asisten Operasi (WAAsops) Devisi Dua Kostrad Malang.


Acara lepas sambut keduanya digelar di ruang pola Panrannuanta kantor Bupati Jeneponto dan turut dihadiri Iksan Iskandar beserta seluruh pejabat lain, Senin (4/7/2022).


Letkol Agus Tanra mengatakan program-program yang sebelumnya digagas oleh Dandim lama akan tetap dilanjutkan. Salah satunya adalah membantu Pemkab Jeneponto menekan angka kemiskinan.


"Tadi sudah disampaikan pada saat pesan-pesan. Jadi akan meneruskan, dimana melihat tentang Kabupaten Jeneponto yang masih urutan terakhir di Sulsel untuk kemiskinan," kata Letkol Agus Tanra saat ditemui di acara serah terima jabatan.


Tentara kelahiran Kabupaten Wajo ini menyebut angka kemiskinan di Butta Turatea dianggap menjadi sebuah tantangan terberat, baik pemerintah daerah maupun TNI itu sendiri.


"Mungkin itu yang menjadi buat kita semua begitu berat. Harus kita tingkatkan dengan bersinergi dengan rekan-rekan forkopimda yang ada di Kabupaten Jeneponto," kata Agus.


Salah satu langkah strategis TNI adalah melihat apa yang menjadi penyumbang ekonomi masyarakat. Agus menyebutkan, Jeneponto sebagai lumbung Jagung punya potensi untuk dikembangkan mengentaskan kemiskinan.


Agus Tanra mengungkapkan Dandim Jeneponto akan mendorong pemanfaatan lahan yang tidak terpakai, menjadi lahan produktifitas pertanian.


"Jadi untuk kesejahteraan masyarakat itu lahan-lahan yang tidak produktif itu kita nanti olah Jadi bisa menjadi produktif," ungkapnya.


Sementara itu, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar mengucapkan terima kasih kepada Dandim lama atas kontribusinya selama ini. Sinergitas yang dibangun disebut sangat baik.


"Selama (Gustiawan) bertugas di Jeneponto kita terjadi sinergitas baik, kompak dengan semua unsur pemerintah. Dan selama pengabdiannya kami atas pemerintah daerah dan masyarakat menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Gustiawan selaku Dandim," terangnya.


Iksan Iskandar berharap kinerja dan kekompakan jajaran Kodim Jeneponto bisa seperti Dandim Gustiawan. "Untuk Dandim yang baru paling tidak minimal sama dengan Dandim yang lama," harap Bupati Jeneponto.


Penulis: Akbar Razak/B