Dana BOS di Jeneponto Belum Cair, Bupati Cari Disdik

Persoalan SK Manajer BOS belum diteken Iskan

Dana BOS di Jeneponto Belum Cair, Bupati Cari Disdik
Bupati Kabupaten Jeneponto Iksan Iskandar. (KABAR.NEWS/Akbar Razak)












KABAR.NEWS, Jeneponto - Sejumlah kepala sekolah (kepsek) SD maupun SMP di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, mengeluhkan molornya pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan I tahun 2021.


Padahal, semua dana BOS dikabarkan sudah masuk pada tiap rekening sekolah. Bahkan, tiap sekolah juga telah diberikan bebas temuan setelah dilakukan audit oleh Inspektorat setempat.


Keluhan keterlambatan pencairan dana BOS tersebut disampaikan salah satu kepsek di SD no 44 Bantaulu, Kecamatan Binamu, Suharto.
Dia mengeluh akibat dana BOS di sekolahnya tak kunjung cair hingga menjelang bulan April.


"Dana bantuan operasional sekolah (BOS) sudah lama masuk di rekening saya hampir satu bulan. Bahkan bebas temuan saya sudah ada akan tetapi belum ada perintah pencairan," ujar Suharto kepada wartawan, Selasa (30/3/2021).


Dia juga mempertanyakan soal mekanisme terbitnya SK manajer BOS yang diurus di kantor bupati. Pasalnya, SK tersebut telah diurus berminggu-minggu namun belum selesai.


"Jangan-jangan hanya dikasi nyebrang bulan berikutnya. Padahal kabupaten lain sudah lama cair, ada apa ya?" ungkapnya.


Menanggapi keluhan para kepsek, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar angkat bicara. Dia bilang sampai hari ini belum melihat SK manajer BOS itu. Kata dia, jika SK tersebut ia temukan maka akan langsung ditandatangani.


"Kalau saya ada di Jeneponto dan saya tidak kerjakan SK ini sampai jam kantor, di rumah saya kerja, berarti (surat, red) belum masuk," ujarnya kepada KABAR.NEWS di kantornya.


Dia mengaku, bahwa dana BOS sekolah tersebut harus dicairkan secepatnya. "Harus segera itu, karena kita juga diminta dari atas untuk cepat itu uang beredar. Cari itu di Diknas di mana itu barang, kalau memang SK itu harus ditandatangani oleh bupati," terangnya.


Terpisah, Sekertaris Dinas Pendidikan (Disdik) Jeneponto Oscar mengaku bahwa Dana BOS triwulan 1 tahun 2021 belum dicairkan lantaran manajer BOS belum ada. Dia mengklaim, bahwa SK tersebut telah berada di meja Bupati Iksan Iskandar.


"Jadi proses SK manajer ini sudah sampai di Bupati. mungkin tidak tahu besok sudah selesai ditandatangani," pungkasnya.


Penulis: Akbar Razak/A