Skip to main content

Dana Bos Afirmasi 2019 "Mengendap" di Disdik Makassar

Dana Bos Afirmasi 2019 "Mengendap" di Disdik Makassar
Ilustrasi Dana Bos. (Internet)

KABAR.NEWS, Makassar - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar pada tahun 2019 mendapatkan Dana Bantu Operasional Sekolah (BOS)  Afirmasi dari APBN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebesar Rp6,5 miliar.


Namun sayangnya, Dana BOS Afirmasi ini mengendap atau belum digunakan oleh Disdik karena terkendala waktu pelaksanaan. Pelaksana tugas (Plt) Kadisdik Makassar Azis Hasan mengatakan, pihaknya menerima dana tersebut pada akhir 2019.


"Kita dikasiH di ujung tahun, sudah last minute. Bagaimana mempertanggung jawabkan? Saya bilang, lebih bagus tidak digunakan daripada membahagiakan kita. Kan kita nanti dari segi pertanggung jawaban," jelas Azis Hasan di Makassar, Sabtu (15/2/2020).


Sebelumnya, Azis mengaku telah melaporkan ke berbagai pihak bahwa penggunaan Dana BOS Afirmasi tersebut tidak bisa dilaksanakan tahun 2019. Hal ini menurutnya penting dilakukan agar dianggap tidak menyalahgunakan anggaran.


"Makanya itu hari saya koordinasi Inspektorat, koordinasi BPK, menyurat ke departemen dalam Negeri,  menyurat ke Departemen Pendidikan, semuanya memberikan jawaban, oke uang itu tidak usah dikembalikan karena sudah terlanjur masuk ke rekeningnya sekolah," terangnya.


Ia mengaku bahwa pihaknya akan menginstruksikan penggunaan dana tersebut setelah adanya petunjuk teknis (juknis) yang baru. Sehingga pelaksanaan penggunaan Dana Bos 2019 akan digunakan pada tahun ini.


"Penggunaannya nanti seperti belanja media pembelajaran, semacam laptop, proyektor, dan lainnya. Jadi lebih banyak memang penggunaannya untuk itu, dan itu sudah ditentukan, sekian sekian. Hampir tidak ada untuk kepentingan lain," sambung Azis.


Disebut Azis, Dana BOS Afirmasi telah diterima oleh berbagai sekolah sebanyak Rp6,5 M. Dana ini didistribusikan ke 19 sekolah di Kota Makassar.


"Ada 14 SD dan 5 SMP yang menerima dana itu. SMP itu yang agak banyak, hampir ada yang 1 M. Kalau SD ya ada yang 100 juta, dan lainnya," tandasnya.


Penulis: Fitria Nugrah Madani/CP/B

 

Flower

 

loading...