Skip to main content

Cuitan Iwan Fals Soal Sampah di Losari Direspon Iqbal

Iwan Fals
Hasil tangkapan dari cuplikan video di akun Twitter Iwan Fals terkait Kondisi Pantai Losari yang penuh sampah.(ist)

KABAR.NEWS, MAKASSAR - Makassar menjadi perbicangan netizen setelah disoroti Iwan Fals di akun twiitternya @iwanfals yang mengupload video kondisi Pantai Losari yang dipenuhi sampah. 


"Ini masjid terapung, masjid Amirul Mukmin, di belakangnya itu masjid 99 Kubah. Tapi ini sampah, Masya Allah," ungkap Iwan di akun twiitternya melalui video yang telah diliat hingga 42,9 ribu warganet, dan diretweet sebanyak 328 kali. 


Hal ini kemudian langsung direspon oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, yang menyatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sudah berupaya untuk membersihkan kawasan Losari yang menjadi ikon Kota Daeng. Namun lagi-lagi, masyarakat dianggap kurang sadar menjaga lingkungan.


"Sangat prihatin melihat kondisi pantai Losari sore ini yang banyak dipenuhi sampah, Pemkot Makassar sudah berulang kali turun membersihkan namun kesadaran warga untuk menjaga lingkungan menjadi kunci utama. Mari mulai dari diri sendiri sebelum semuanya terlambat," respon Nurdin di akun twiitternya, @nurdinabdullah


Saat dikonfirmasi, Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb menyatakan bahwa Pantai Losari selalu dipantau pihaknya untuk rutin dibersihkan. Namun persoalan sampah tersebut muncul ketika air surut.


"Setiap pagi dan sore itu dibersihkan. Namun memang setiap air surut itu, sampah memang dari kanal itu masuk. Malamnya kita bersihkan lagi. Sebab memang kita harus tambah, saya sudah perintahkan tambah armada yang perahu itu," kata Iqbal saat ditemui di Rujab Walikota, Selasa (25/2/2020).


Iqbal juga mengakui bahwa tidak adanya pertukaran air laut dengan pembuangan karena ada pembatasan ombak. Sehingga menurutnya perlu dibuatkan kanal baru agar sampah dari Sungai Jongayya tidak terbawa ke Pantai Losari.


"Kami sudah bicarakan dengan Pak Gubernur, dan segera akan dibicarakan dengan pihak GMTD dengan pihak citraland dan CPI, Karena ada kanal yang akan dibangun. Nah kalau kanal itu sudah diselesaikan, maka dibawah jembatan itu kita pasangkan pintu air. Supaya air dari Kanal Jongayya itu tidak ke Pantai Losari, tapi dia langsung keluar," tandasnya.

Penulis: Fitria Nugrah Madani/B
 

 

loading...