Skip to main content

Cuaca Buruk, Jalur Pendakian ke Puncak Gunung Merbabu Ditutup

Gunung Merbabu
Pengumuman penutupan jalur pendakian ke puncak Gunung Merbabu.(detikcom)


KABAR.NEWS, Semarang - Balai Taman Nasional Gunung Merbabu mengeluarkan penyampaian terkait penutupan jalur pendakian ke puncak Gunung Merbabu sejak sore tadi, Minggu (30/12/2018). 


Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Edy Sutiyarto mengaku penutupan tersebut dilakukan karena cuaca buruk yang melanda kawasan puncak Merbabu. 


Baca Juga:


"Berdasarkan data dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) menyebutkan kawasan di puncak Merbabu dilanda hujan dan badai. Untuk kita tutup sementara waktu," ujarnya dikutip dari detikcom. 


Berdasarkan pantauan CCTV, sejak kemarin sore, Sabtu (29/12/2018) hujan dan angin kencang serta kabut menyelimuti. Sementara para pendaki yang sudah naik, untuk sementara membuka kemah Sabana 1.


Edy mengatakan, karena kondisi cuaca ekstrim tersebut, maka penutupan sementara jalur pendakian dilakukan mulai sore ini. Pihaknya mengimbau kepada calon pendaki untuk sementara tidak melanjutkan niatnya untuk mendaki sampai kondisi cuaca bersahabat. 


"Ya karena kondisi sekarang sudah tidak bersahabat cuacanya, saya pikir lebih baik mulai sekarang juga (aktivitas pendakian ditutup sementara), agar tidak menimbulkan masalah yang banyak," ujar Edy. 
 

 

loading...