CPNS Parepare: 621 Pendaftar Tak Lulus Berkas, 3 Formasi Tanpa Pelamar

Ada masa sanggah

CPNS Parepare: 621 Pendaftar Tak Lulus Berkas, 3 Formasi Tanpa Pelamar
Ilustrasi Proses Seleksi CPNS. (Foto: Kemenpan RB)

KABAR.NEWS, Parepare - Hasil verifikasi berkas seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru 2021, serta PPPK Guru, resmi diumumkan, Senin, 2 Agustus 2021.


Dari pengumuman itu, di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, tercatat dari 2.940 pelamar CPNS formasi umum, 2319 di antaranya yang dinyatakan memenuhi syarat (MS), dan 621 tidak memenuhi syarat (TMS).


Sementara PPPK Non Guru, dari 10 pelamar, 5 dinyatakan MS, dan 5 TMS atau tidak lolos. Sedangkan pelamar PPPK Guru yang sudah submit terdata 332 orang.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Parepare Adriani Idrus atas nama Kepala BKPSDMD Parepare Gustam Kasim mengatakan, bagi yang dinyatakan tidak memenuhi syarat disilakan melakukan pengajuan sanggahan pada waktu yang telah dijadwalkan.


“Masa sanggah oleh pelamar dimulai 4 hingga 6 Agustus 2021. Kemudian proses jawaban masa sanggah berjalan hingga 13 Agustus 2021. Dan pengumuman pasca sanggah disampaikan pada tanggal 15 Agustus 2021,” ungkap Adriani Idrus dalam keterangan tertulis, Selasa (3/8/2021).

Pada seleksi CPNS di Parepare tahun ini, ada tiga formasi yang paling banyak peminatnya yakni Analis Aplikasi dan Pengelolaan Data Sistem Keuangan, Penyusun Laporan Keuangan, Analis Perekonomian.


Namun ada juga tiga formasi yang nihil atau tidak ada peminatnya. Ketiga formasi itu adalah Penata Laboratorium Kearsipan, Pengelola Bahan Pustaka, Pengelola Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial.


Selain itu, kata Adriani, ada formasi untuk lulusan SMA yakni jabatan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemula yang pendaftarnya cukup banyak sejumlah 181 orang. Ada tiga kursi tersedia untuk formasi Satpol PP Pemula ini. Artinya, satu kursi akan diperebutkan oleh 60 orang pelamar.

Adriani berpesan, para pelamar diharapkan untuk terus memantau laman resmi BKPSDMD Parepare dan media sosial BKPSDMD Parepare baik di Instagram maupun Facebook.


“Seluruh tahapan pelaksanaan CASN tahun 2021 Pemkot Parepare, tidak dipungut biaya. Jangan percaya pada oknum-oknum yang menjanjikan dapat menjamin kelulusan peserta,” kata Adriani.

Penulis: Arsyad/C