Coppa Italia: Susah Payah Juventus Singkirkan Genoa

Memastikan kemenangan di perpanjangan waktu.

Coppa Italia: Susah Payah Juventus Singkirkan Genoa
Pemain Juventus merayakan kelolosan ke perempatfinal Coppa Italia usai menyingkirkan Genoa. (Gettys Images)






KABAR.NEWS - Juventus memastikan satu tiket di perempatfinal Coppa Italia 2020/2021 usai menyingkirkan Genoa dengan skor 3-2 di Allianz Arena, Turin, Kamis dini hari (14/1/2021). Meski pasukan Andrea Pirlo tersebut lolos dengan susah payah, hingga masa perpanjangan waktu. 

Saat pluit tanda dimulai, Juventus langsung mengambil alih permainan. Bahkan gol sudah tercipta di menit ke-2 melalui tendangan Dejan Kulusevski. Gol tercipta berawal dari umpan terobosan Giorgio Chiellini ke kotak penalti Genoa. Berhadapan dengan kiper Genoa, Alberto Palieri, Kulusevski dengan mudah menceploskan bola. 

Unggul satu gol, 7 menit kemudian Si Nyoya Tua kembali mengamcam gawang Genoa. Beruntung Palieri dengan sigap mengamankan tendangan mendatar Wesley. Peluang kembali diperoleh Buffon dkk pada ke-13 saat Kulusevski lolos dari jebakan offside dan berhadapan langsung dengan Palieri. Kali ini Palieri berhasil menggagalkan peluang gol Kulusevski. 

Tiga menit kemudian, Palieri kembali benteng terakhir mematahkan peluang Juventus mencetak gol. Palieri berhasil memblok tendangan Alvaro Moratta dari sudut sempit. 

Kerja keras Palieri menjaga gawangnya akhirnya runtuh juga. Pada menit ke-23 kerja sama apik antara Kulusevski dengan Morata berhasil merobek jala gawang Genoa. Juventus unggul 2-0. 

Tertinggal 2 gol, Genoa mulai tersengat dan bermain terbuka. Pada menit ke-28, Lennart-Marten Czyborra akhirnya memperkecil ketertinggalan melalui sundulan usai memanfaatkan umpan dari Edoardo Goldaniga. 

Pada menit ke-33, Juventus sebenarnya menambah keunggulan. Hanya saja, gol Arthur Melo dianulir karena sudah berada pada posisi offside. Begitu juga pada menit ke-44, gol Portanova dianulir gara-gara sudah dalam posisi offside. 

Pada babak kedua, Juventus tidak menurunkan tempo permainan. Pada menit ke-50, Morata kembali memberikan ancaman ke gawang Genoa, beruntung Palieri benar-benar sigap menjaga gawangnya. 

Pada pertengahan babak kedua, Juventus lengah. Pada menit ke-74, Genoa berhasil menyamakan kedudukan melalui Filippo Melegoni. Tendangan dari luar kotak penaltinya bersarang di gawang Buffon. 

Kemenangan Juventus, akhirnya ditentukan di babak perpanjangan waktu. Pemain asal Tunisia, Hamza Rafia mencetak gol di menit ke-104 usai memanfaatkan kemelut di depan gawang Palieri. 

Dengan kemenangan ini, Juventus menyusul AC Milan dan Napoli yang lolos ke perempatfinal Coppa Italia. Juventus masih harus menunggu pemenang Sassuolo melawan SPAL.