Skip to main content

Citizen Journalist: Tarian Berusia 400 tahun Buka Pementasan Variasi 5 UKM Talas

Citizen Journalist: Tarian Berusia 400 tahun Buka Pementasan Variasi 5 UKM Talas
Tarian adat salonreng tampil pada pembukaan Festival Tari Mahasiswa Nasional (Variasi) 5 Makassar UKM Seni dan Budaya Talas, Universitas Muhammadiyah Makassar di Balai Sidang Unismuh Makassar, Senin (8/4/2019). (Dok. Citizen Journalist/Devi Fitriani)

KABAR.NEWS, Makassar - Festival Tari Mahasiswa Nasional (Variasi) 5 UKM Seni dan Budaya Talas, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar resmi dibuka dengan penampilan Sanggar Seni Singkolo, di Balai Sidang Unismuh Makassar, Senin (8/4/2019).


Baca juga: Letusan "Papporo" Terdengar Saat Penyerangan OTK di Kampus UIM

Sanggar Seni Singkolo Bulukumba menampilkan tarian Salonreng yang telah berusia lebih 400 tahun. Tarian adat yang ada sejak pertengahan abad XVII ini menampilkan para penari yang terkenal pada tahun 70-an.


"Dengan tampilnya tari salonreng dipementasan tari nasional menjadi motivasi kami di sanggar untuk menggali kembali nilai-nilai budaya di desa Ara-Lembanna, dimana tari salonreng ini sudah berumur lebih 400 tahun dan masih tetap terjaga keasliannya karena diajarkan secara turun-temurun," ujar Ketua Sanggar Seni Singkolo, Andi Afriansyah, melalui Citizen Journalist yang diterima KABAR.NEWS.


Anca sapaan karib Andi Afriansyah berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba bisa memberikan perhatian lebih terhadap tari Salonreng.

 

Sebab kata dia, para penari yang tampil pada Variasi 5 Makassar merupakan generasi terakhir dari Desa Ara-Lembanna yang menjaga keaslian tari salonreng.


Baca juga: Wakil Wali Kota Makassar Bangga digelarnya Festival Tari UKM Talas Unismuh

Ketua panitia Variasi 5 Makassar, Nurul Rafiah Nursalim mengatakan tari salonreng merupakan tari yang sangat sakral. "Kami memilih tari salonreng sebagai pembuka acara karena merupakan tari yang sangat sakral apalagi para penarinya berusia 50-an tahun keatas," tutur Fia.


Jika tak ada aral melintang, Variasi 5 UKM Talas Unismuh Makassar akan digelar hingga 14 April 2019.


*Citizen Journalist: Devi Fitriani

*KABAR.NEWS menerima naskah citizen journalist atau jurnalisme warga yang akan ditayangkan apabila sesuai kaidah jurnalistik dan ketentuan redaksi KABAR.NEWS

 

 

loading...