Cicu: Subsidi Penerbangan Permudah Investasi di Sulsel

* Hadiri penerbangan perdana Susi Air

Cicu: Subsidi Penerbangan Permudah Investasi di Sulsel
Dari kiri ke kanan: Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, CEO PT ASI Pudjiastuti Aviation Susi Pudjiastuti dan Ketua Komisi D DPRD Sulsel Andi Rachmatika Dewi atau Cicu pada peluncuran penerbangan subsidi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Senin (22/5/2023). (IST)

KABAR.NEWS, Makassar - Ketua Komisi D DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Rachmatika Dewi atau Cicu menilai, subsidi penerbangan yang diberikan pemerintah kepada tiga bandara akan mempermudah masuknya investasi di Sulsel.


Hal itu disampaikan Cicu saat menghadiri penerbangan perdana pesawat Susi Air bersama Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di terminal Bandara Sultan Hasanuddin, Kota Makassar, Senin (22/5/2023). 


"Kita mengapresiasi subsidi penerbangan yang diberikan Pemprov Sulsel kepada tiga bandara. Ini akan mempemudah konektivitas antara daerah dan tentu memudahkan masuknya investasi," ujar Cicu kepada KABAR.NEWS di Makassar, Senin.


Adapun tiga bandara yang mendapat kucuran subsidi dari Pemprov Sulsel yaitu Bandara Andi Djemma di Masamba, Luwu Utara, Bandara  Arung Palakka di Kabupaten Bone dan Bandara H. Aroepalla di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pesawat Susi Air yang akan melayani subsidi penerbangan pada sejumlah Bandara Udara di Sulawesi Selatan. (IST)


Anggaran subsidi untuk tiga bandara tersebut berasal dari ABPD Sulsel tahun 2023 senilai Rp20 miliar. Bantuan penerbangan itu akan melayani rute dari Makassar dengan pesawat Susi Air.


Cicu melanjutkan, pada launching tersebut, dilakukan penerbangan perdana dari Makassar ke Bandara Masamba menggunakan pesawat Susi Air jenis  LET L-410 UVP-E20 yang memiliki daya tampung 15 hingga 18 penumpang.


Berikut ini rute penerbangan Susi Air yang disubsidi Pemprov Sulsel:


- Makassar ke Bone dan sebaliknya
- Bone ke Kendari dan sebaliknya
- Makassar ke Masamba dan sebaliknya
- Masamba ke Sorowako dan sebaliknya
- Makassar ke Selayar dan sebaliknya