China Rilis Foto Perdana Planet Mars dari Robot Zhu Rong

Robot penjelajah tersebut sempat diisukan hancur

China Rilis Foto Perdana Planet Mars dari Robot Zhu Rong
Kondisi Planet Mars yang diambil oleh robot penjelajah China, Zhu Rong. (Foto: CSNA)

KABAR.NEWS, Beijing - Badan Administrasi Antariksa Nasional China (CSNA) pada Rabu (19/5/2021) merilis foto perdana kondisi Planet Mars yang direkam oleh robot penjelajah Zhu Rong.


Melansir South China Morning Post, foto tersebut menunjukkan lanskap Planet Mars dengan robot dalam posisi mendarat, sedangkan gambar yang diambil dari belakang menunjukkan panel surya robot Zhu Rong.


Media pemerintah China mengatakan gambar tersebut memberikan "bukti konklusif" bahwa Zhu Rong tidak rusak selama tahap pendaratan.


Sebelum foto ini dirilis, ada spekulasi di media sosial yang menyebut bahwa CSNA enggan segera membagikan foto Planet Mars karena Zhu Rong hancur saat mendarat pada Sabtu (15/5/2021).


Misi Zhu Rong datang saat Tiongkok berlomba dengan Amerika Serikat dalam menunjukkan kecanggihan teknologi luar angkasa. 


Dalam beberapa tahun terakhir, China telah meluncurkan satelit kuantum pertama di dunia, melakukan soft landing di sisi jauh bulan dan membawa kembali sampel bulan menggunakan misi robotik murni.


Robot penjelajah China bukanlah yang pertama di Mars. Sebelumnya, ada Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) yang mengirim robot ke planet merah untuk eksplorasi.


Peluncuran robot Zhu Rong China tersebut akan menjadi yang kedua dari 11 yang dijadwalkan untuk tahun ini dan berikutnya saat stasiun luar angkasa mulai terbentuk.