Skip to main content

Cerita Guru Yang Disekap dan Diperkosa Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua

guruguru
Proses evakuasi guru-guru yang mengajar di Aroanop, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua. (INT)

KABAR.NEWS - Salah seorang guru SD Negeri Aroanop, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, Rano Samsul Bahri, mengungkapkan barang-barang pribadinya dan barang milik tujuh rekannya dijarah oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB).

"Jadi, bukan hanya tindakan kekerasan dan intimidasi, tetapi barang-barang kami dijarah oleh KKSB," kata Samsul saat dievakuasi ke Timika, Kamis (19/4/2018).

Sebelumnya, pada Jumat, 13 April 2018 lalu, KKSB yang diduga melarikan diri dari Kampung Banti, Distrik Tembagapura, memasuki Kampung Aroanop setelah dipukul mundur oleh aparat keamanan.

Samsul menuturkan bahwa pada Jumat sekitar pukul 15.00 WIT, sebanyak 20-an anggota KKSB memasuki rumah guru yang mereka tempati di Aroanop dan mulai mengintimidasi para guru yang saat itu berjumlah delapan orang.

"Kami tidak tahu apa tujuan mereka. Kami ditodong dengan senjata api. Guru laki-laki dipisahkan dengan guru perempuan. Guru laki-laki ditodong dengan senjata api yang diarahkan ke kepala," kata Samsul, yang dilansir dari Liputan6.com.

Sedangkan, para guru perempuan yang berjumlah empat orang tersebut dipukul dan ditendang. Samsul bahkan menangis dan tidak bisa mengisahkan selanjutnya apa yang dialami para guru perempuan itu.

"Mereka akhirnya kabur dengan membawa 10 unit telepon seluler, empat laptop, sebagian bahan stok makanan, bahkan pakaian kami diambil semua," katanya lagi.

Peristiwa kekerasan dan perkosaan dialami sejumlah perempuan guru SD di sana, sehingga membuat banyak kalangan sangat terpukul mengetahui peristiwa keji itu.

Ia menyesalkan peristiwa tersebut, terlebih karena membuat para guru yang mengajar di tempat itu terancam keselamatannya, sehingga harus dievakuasi.

"Yang saya sangat menyesal kenapa bisa terjadi padahal kami bertahun-tahun di sana tidak pernah terjadi," ucap, Kepala SD Negeri Aroanop Philipus Lefteuw yang dilansir dari Wartakotalive.com.