Cegah Kebakaran, Rutan Sinjai Gelar Simulasi Hingga Cek Instalasi Listrik

Belajar dari Tragedi Lapas Tangerang

Cegah Kebakaran, Rutan Sinjai Gelar Simulasi Hingga Cek Instalasi Listrik
Kelapa Rutan Kelas IIB Sinjai, Muhammad Ishak. (KABAR.NEWS/Syarif)






KABAR.NEWS, Sinjai - Tragedi kebakaran di Lapas Tangerang, Banten, yang menewaskan puluhan narapidana mendorong sejumlah rumah tahanan (Rutan) di daerah lain mulai meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah kejadian yang sama.


Antisipasi itu turut dilakukan Rutan kelas IIB Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Rutan ini telah melakukan beberapa hal, di antaranya Pelatihan dan sosialisasi pencegahan dan penanganan kebakaran, pengecekan instalasi listrik yang berada dilingkungan rutan serta penyediaan Alat Pemadam Api Ringan.


Kelapa Rutan Kelas IIB Sinjai Muhammad Ishak mengatakan, antisipasi terjadinya kebakaran yang dilakukannya dengan bekerja sama Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Sinjai dan PLN.


"Yang sudah kami lakukan yaitu pelatihan, sosialisasi dan simulasi pencegahan penanganan kebakaran dengan melibatkan para warga binaan, pengecekan di seluruh instalasi listrik Rutan dengan melibatkan petugas PLN Sinjai," ungkapnya saat ditemui KABAR.NEWS, Rabu (15/9/2021).


Selain isntalasi listrik, kesiap-siagaan petugas Rutan Kelas IIB Sinjai juga mulai ditingkatkan sebagai bagian dari mitigasi bencana termasuk kebakaran.


"Alhamdulillah setelah kami koordinasi dengan Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Sinjai, alat pemadam api ringan (APAR) juga sudah tersedia," ucapnya.


Sekadar diketahui jumlah warga binaan di Rutan Sinjai hingga saat ini berjumlah 177 orang, dari jumlah tersebut 75 persen di antaranya warga binaan kasus 
narkotika.


Penulis: Syarif/A