Cegah Kasus Bunuh Diri, Pramuka SMAN 1 Tator Gelar Webinar Kesehatan Mental 

Beberapa waktu lalu kasus bunuh diri di Toraja meningkat dan korbannya adalah didominasi remaja.

Cegah Kasus Bunuh Diri, Pramuka SMAN 1 Tator Gelar Webinar Kesehatan Mental 
Pramuka SMAN 1 Tana Toraja melakukan webinar kesehatan mental. (Foto: KABAR.NEWS/Febriani)






KABAR.NEWS, Makale - Pengurus Gerakan Pramuka Gugus Depan SMAN 1 Tana Toraja (Tator), Sulawesi Selatan, bekerja sama dengan pengurus OSIS menggelar webinar kesehatan mental remaja di Ruangan serbaguna SMAN 1 Tator, Makale, Kamis (25/3/2021).

Ketua Panitia Webinar, Disyon Pasumbung mengatakan penyelenggaraan webinar tersebut sebagai sebuah langkah nyata untuk memberikan edukasi bagi remaja tentang pentingnya menjaga kesehatan mental. Apalagi beberapa waktu lalu Tana Toraja diguncang rentetan kejadian bunuh diri yang korbannya adalah remaja.

"Melihat kondisi beberapa waktu terakhir di daerah Toraja terkait banyaknya kasus bunuh diri terjadi dan mayoritas dilakukan oleh usia remaja. Hal inilah yang menjadi latar belakang dilaksanakannya webinar ini," ujarnya. 

Ia mengaku dalam webinar kali ini menghadirkan dokter RS Sinar Kasih, Makale, dr Sutrisno Papayungan, dan juga pemerhati pendidikan Anak dan Remaja, Maraya A.

Sutrisno Papayungan menyampaikan bahwa pentingnya remaja mengenali tanda-tanda depresi dan cara pencegahannya. Ia juga menyampaikan kepada peserta webinar untuk dapat lebih terbuka kepada orang tua tentang masalah pribadi daripada kepada orang lain.

Sementara itu, Maraya menyampaikan tentang betapa pentingnya remaja memiliki karakter yang disiplin, berani dan bertanggung jawab. Serta selalu melakukan hal-hal yang positif dalam setiap langkah hidupnya. Ia juga memberikan apresiasi kepada Gerakan Pramuka Dan OSIS SMAN 1 Tana Toraja atas pelaksanaan kegiatan ini dengan Tema Yang Pas terhadap kondisi saat ini.

Sementara Pembina Pramuka SMAN 1 Tana Toraja, Yuliana Pasedan saat dikonfirmasi kabar.news mengungkapkan ucapan terima kasih atas pemaparan kedua narasumber yang telah bersedia untuk memberikan pemaparannya pada webinar yang digelar.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua peserta yang antusias mengikuti secara virtual maupun dengan hadir tatap muka terbatas di sekolah.

"Semoga Webinar ini membawa dampak yang baik bagi kita semua" harap Yuliana Pasedan.

Penulis: Febriani/B