Skip to main content

Cegah Calo, Pengurusan SIM di Polres Pangkep Gunakan Sistem Online

Cegah Calo, Pengurusan SIM di Polres Pangkep Berbasis Online
Proses pengurusan SIM berbasis online di Kantor Polres Pangkep, Senin (11/2/2019). (KABAR.NEWS/Tajuk)

KABAR.NEWS, Pangkep - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pangkep terus memberikan pelayanan terbaik perihal pengurusan Surat Izin Mengemudi  atau SIM.


Baca juga: Belum Punya Anggaran, Pemkab Pangkep Tetap Terima 400 PPPK

Kasat Lantas Polres Pangkep, AKP Fitriawan SH  menegaskan pihaknya menjamin pengurusan SIM di kantornya telah sesuai dengan prosedur yang berlaku.


"Pelayanan SIM pada Polres Pangkep sudah mengunakan aplikasi yang online, loket yang satu dengan yang lain terkoneksi. Sehingga peluang untuk terjadinya manipulasi hasil sangat sulit apalagi jika tidak melewati salah satu loket dapat dipastikan sim tidak dapat tercetak," ujar AKP Fitriawan, kemarin.


a
Praktik mengendara sebagai prosedur pengurusan SIM. (KABAR.NEWS/Tajuk)

Prosedur yang dimaksud Fitriawan adalah setiap pemohon SIM harus melalui sejumlah loket, yang dimulai di loket pengisian biodata, kemudian ke loket BRI untuk pembayaran, setelah itu akan ke loket kedua,  untuk verifikasi data dan pengambilan sidik jari dan foto.


Baca juga: Dor! "Inilah Penembak yang Dicari" Danki Brimob Puji Skill Menembak Bupati Indah

Setelah itu  pemohon akan mengikuti ujian praktik mengendara. Apabila dinyatakan lulus pada seluruh tahapan, barulah pemohon berhak memperoleh SIM.


"Intinya dalam pengurusan SIM di Polres Pangkep itu sama sekali tidak ada calo, sebab semuanya telah sesuai dengan prosedur dan ada ujian yang harus dilalui oleh setiap pemohon," pungkas AKP Fitriawan. 


  • Tajuk