Skip to main content

Catatan AYP: "Tukang Sapu Kompeten"

Catatan AYP: "Tukang Sapu Kompeten"
Andi Yuslim Patawari (kanan) bersama tukang sapu jalanan di depan Kampus UMI Makassar, Minggu (13/1/2019). (IST)

Pagi ini saya sarapan Nasi Kuning di Depan Kampus UMI Makassar. Sambil menikmati sarapan saya memperhatikan Seseorang yang menyapu Tanaman mondar mandir menyapu sesekali memperhatikan hasil sapunya.

 

Mungkin kita bisa menilai seseorang melakukan pekerjaannya dengan Ikhlas atau hanya menjalankan kewajiban semata.


Bagi saya orang tersebut bertanggung jawab melakukan pekerjaannya walaupun hanya tukang sapu/pekerja taman namun memperhatikan estetika dan tanggung jawab terhadap pekerjaannya.


Sebagai Asesor kompetensi/ketua Lembaga Sertifikasi Profesi-BNSP yang sering menguji orang untuk mendapatkan Kompetensi Teknis di bidangnya ada 3 elemen komptensi (pengetahuan, keahlian, sikap) salah satu cara menilainya maka dilakukan praktek yang meliputi kriteria unjuk kerja/praktek yang harus diperlihatkan di depan Asesor.


Untuk mencari Informasi tambahan untuk profile pekerja taman ini, saya bertanya kepada orang sekitar. Ternyata pekerja taman bernama Rustam.

 

Saya menilai beliau melaksanakan Tugasnya dengan penuh tanggung jawab walaupun hujan deras berdasarkan informasi ibu penjual nasi kuning. 


Tetap semangat pak Rustam agar makassar menjadi Kota yang bersih dan Indah karena jasa mulah sebenarnya sehingga kota ini Indah. "Lakukanlah Pekerjaanmu dengan Ikhlas karena sebaik manusia yang bermanfaat bagi sesamanya"

 
AYP Pinggir Jalan Depan Kampus UMI