Catat, Tahun 2021 Unhas Masih Kuliah Online

pertimbangan utamanya karena covid-19

Catat, Tahun 2021 Unhas Masih Kuliah Online
Kampus Unhas, Makassar. (kabar.news)






KABAR.NEWS, Makassar - Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar masih tetap akan menerapkan kuliah online atau daring pada tahun 2021.


Hal itu disebabkan masih belum berakhirnya penyebaran pandemi virus corona atau covid-19. Bahkan diketahui akhir-akhir ini angka penyebaran covid-19 di Sulawesi Selatan masih tergolong tinggi.


"Iya betul semester depan kita masih online. Jadi memang pertimbangan utamanya itu karena covid-19 inikan belum ada kepastian kapan akan berakhir jadi untuk sementara rektor memutuskan untuk semester depan itu kita masih akan menerapkan kuliah online," kata Humas Unhas, Ishaq Rahman saat dikonfirmasi KABAR.NEWS via telepon, Senin (28/12/2020).


Keputusan Rektor Universitas Hasanuddin tertuang dalam Nomor: 7062/UN.4.1/KEP/2020 tentang penetapan kegiatan akademik perkuliahan semester akhir tahun akademik 2020/2021.


Kendati demikian, Ishaq Rahman mengatakan kuliah tatap muka atau offline tetap akan diterapkan jika situasi sudah mulai membaik.


"Namun kemungkinan ditengah jalan atau pertengahan semester kita tetap akan menerapkan kuliah tatap muka atau kuliah offline jika situasi sudah membaik dan sudah memungkinkan kita bisa saja melakukan revisi," ucapnya. 


"Kita terus melihat perkembangan situasi. Jadi untuk saat ini antisipasinya itu adalah semester depan kita akan melakukan secara online atau secara daring tapi tetap saja kita terus memantau perkembangan situasinya," sambungnya. 


Selain itu, pelaksanaan kegiatan seminar dan ujian skripsi, thesis, disertasi dan promosi doktor dilakukan secara daring, bilamana dilakukan secara luring, maka jumlah pesertanya maksimal 20 peserta dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19.

Penulis : Darsil Yahya/A